Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN KECEPATAN MEMBACA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD

BADRIYAH, SITI (2018) HUBUNGAN KECEPATAN MEMBACA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
HUBUNGAN KECEPATAN MEMBACA TERHADAP PEMAHAMAN BACAAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

This study aims to determine relationship of reading to understanding readings in indonesian class v academic year 2017/2018. The method used in this research is quantitative descriptive method with correlational technique and sampling is done by random sampling technique. Technique of data collection is done through observation sheet and oral test about reading comprehension comprehension. Based on the data analysis obtained correlation coefficient in this study is 0,129 and included into very low category. The number indicates that the correlation is positive. Meanwhile, the coefficient of determination obtained is 1.6641%. These results indicate that the magnitude of the contribution of students' reading speed to the reading comprehension of students is 1.6641%. Result of correlation significance test at significant level α = 0,05 obtained tcount = 0,596 and ttable = 1,721. So it can be concluded that there is a positive relationship between the speed of reading to understanding reading but not significant.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerwan, HerwanUNSPECIFIED
Thesis advisorYuliana, RinaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecepatan membaca terhadap pemahaman bacaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling . Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi dan tes lisan soal uraian pemahaman bacaan. Berdasarkan analisis data didapatkan koefisien korelasi pada penelitian ini adalah 0,129 dan termasuk ke dalam kategori sangat rendah. Angka tersebut menunjukkan bahwa korelasinya bernilai positif. Sementara itu koefisien determinasi yang diperoleh adalah 1,66%. Hasil ini mengindikasikan bahwa besarnya kontribusi kecepatan membaca siswa terhadapan pemahaman bacaan siswa adalah sebesar 1,6641%. Hasil uji signifikansi korelasi pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,596 dan ttabel = 1,721. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kecepatan membaca terhadap pemahaman bacaan tetapi tidak signifikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:46
Last Modified: 26 Oct 2021 08:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3752

Actions (login required)

View Item View Item