Nadrullah, Imron (2014) IMPLEMENTASI METODE PEMELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE- OUTSIDE CIRCLE (LINGKAR DALAM-LINGKAR LUAR) DALAM PEMELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 CIRUAS. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
![]() |
Text
IMPLEMENTASI METODE KOOPERATIF TIPE INSIDE-OUTSIDE CIRCLE DALAM PEMELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pengetahuan mengenai unsur pembangun cerita pendek (unusr intrinsik) sehingga menyebabkan rendahnya kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas siswa SMP, sehingga perlu dicari alternatif pemelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan tersebut. Alternatif pemelajaran yang diterapkan adalah pemelajaran menggunakan metode pemelajaran kooperatif tipe inside-outside circle. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciruas dalam menuliskan unsur intrinsik cerpen yang telah dibacakan sebelum dan sesudah diterapkannya metode kooperatif tipe Inside-Outside Circle (lingkar dalam-lingkar luar). (2) Bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciruas dalam menuliskan kembali dengan bahasa sendiri cerpen yang telah dibacakan sebelum dan sesudah diterapkannya metode kooperatif tipe Inside-Outside Circle (Lingkar Dalam-Lingkar Luar)?. (3) Apakah metode kooperatif tipe Inside-Outside Circle (Lingkar Dalam-Lingkar Luar) efektif diterapkan dalam pemelajaran menulis cerita pendek di SMP Negeri 2 Ciruas. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ciruas dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan instrumen tes dan non tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ciruas, sampel diambil secara acak atau teknik random dan didapat kelas VII D sebagai kelas eksperimen. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) terdapat kemampuan menulis cerita pendek siswa sebelum menggunakan metode pemelajaran kooperatif tipe inside-outside circle. (2) terdapat kemampuan menulis cerita pendek siswa sesudah menggunakan metode pemelajaran kooperatif tipe inside-outside circle. (3) metode pemelajaran kooperatif tipe inside-outside circle (lingkar dalam-lingkar luar) efektif diterapkan dalam pemelajaran menulis cerita pendek di SMP Negeri 2 Ciruas. Hal ini dapat dilihat dari perolehan t hitung perhitungan uji hipotesis yang dilakukan maka diperoleh t hitung sebesar 17,66 dengan menggunakan taraf signifikan 0,05 serta db 34 diperoleh t tabel sebesar 1,7. Terbukti terbukti, t hitung (17,66)>t tabel (1,7). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perbedaan rata-rata nilai tes awal dan tes akhir terbukti signifikan. Hal ini sekaligus membuktikan hipotesis yang diajukan peneliti dalam penelitian ini, yaitu model pemelajaran inside-outside circle (lingkar dalam- lingkar luar) dalam pemelajaran menulis cerita pendek siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Ciruas diterima. Kata Kunci : Metode kooperatif tipe inside-outside circle, Menulis, Cerpen
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Metode kooperatif tipe inside-outside circle, Menulis, Cerpen | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PN Literature (General) |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2021 08:42 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2021 08:42 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |