Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI LEGO KONSTRUKTIF

DAMAYANTI, RINA (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI LEGO KONSTRUKTIF. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI LEGO KONSTRUKTIF..PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Name: Rina Damayanti, NIM: 2228131238 Title: Improve The Fine Motor Skills Through Constructive Lego (Action Research on Children Aged 5-6 Years in PAUD Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten), Early Childhood Education Teacher Department (PG-PAUD), Faculty of Teacher Training and Education Sultan Ageng Tirtayasa University. 2017. This research aims to; (1) to know the process of implementing constructive lego playing activities in improving the fine motor skills of children and (2) knowing improvement of fine motor ability of children in PAUD Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten after applying constructive lego playing. Based on the results of pre-research observations in early childhood Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten seen when activities involving fine motor children especially in children aged 5-6 years where there are seven children from 11 children who have a fine motor skills is low enough about 27%, it is seen In some activities the child has not been able to hold the scissors properly, has not been able to cut according to the pattern or simple shapes specified, the child has not been able to stick the shape or pattern well and neatly, the child has not been able to create the shape or make a complex arrangement of boxes , The child has not been able to collage images properly and neatly, has not been able to fold simple paper, and the child has not been able to create various forms using play dough. This research is a action research (PT) consisting of 2 cycles, where each cycle consists of the following stages: preparation, implementation, observation and reflection. The subjects were children aged 5-6 years of Sun Group in early childhood El Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten, consisting of 6 boys and 5 girls. The guidelines used are observation sheets, interview sheets and field notes. Data analysis techniques used are qualitative and quantitative data, based on data analysis results can be seen that (1) the process of applying constructive lego playing activities has 3 stages, namely; Introducing game tools and explaining activities, implementation of activities and evaluation, (2) children's fine motor skills develop significantly after the implementation of constructive lego playing activities. The results of the percentage of fine motor abilities of children in the first cycle is 38% and the percentage of fine motor abilities of children in the second cycle of 75%. The results of data analysis show that the implementation of constructive lego playing activities can develop fine motor skills of children aged 5-6 years in early childhood Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma Wardani, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: Nama: Rina Damayanti, NIM: 2228131238, Judul: Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Lego Konstruktif (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten), Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2017. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui proses penerapan kegiatan bermain lego konstruktif dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus anak di PAUD Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten setelah diterapkannya kegiatan bermain lego konstruktif. Berdasarkan hasil observasi pra penelitian di PAUD Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Bantenterlihat saat kegiatan yang melibatkan motorik halus anak khususnya pada anakusia 5-6 tahun dimanaterdapat tujuh anak dari 11 anak yang memiliki kemampuan motorik halus cukup rendah sekitar 27%, hal ini terlihat dalam beberapa kegiatan anak belum mampu memegang gunting dengan benar, belum mampu menggunting sesuai pola ataupun bentuk-bentuk sederhana yang ditentukan, anak belum mampu menempel bentuk atau pola dengan baik dan rapih, anak belum mampu menciptakan bentuk atau membuat susunan yang kompleks dari kotak-kotak, anak belum mampu kolase gambar dengan baik dan rapih, belum mampu melipat kertas sederhana, serta anak belum mampu menciptakan berbagai bentuk menggunakan playdough. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (PT) yang terdiri dari 2 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: persiapan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun Kelompok Matahari di PAUD Al Ikhlas Mukaromah Cilegon- Banten yang berjumlah 11 anak didik, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Pedoman yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif, berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa (1) proses penerapan kegiatan bermain lego konstruktif memiliki 3 tahapan, yaitu; memperkenalkan alat permainan dan menjelaskan kegiatan, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi, (2) kemampuan motorik halus anak berkembang secara signifikan setelah diterapkannya kegiatan bermain lego konstruktif. Adapun hasil presentase kemampuan motorik halus anak pada siklus I yaitu sebesar 38% dan presentase kemampuan motorik halus anak pada siklus II sebesar 75%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan kegiatan bermain lego konstruktif dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Ikhlas Mukaromah Cilegon-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:37
Last Modified: 26 Oct 2021 08:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3749

Actions (login required)

View Item View Item