Juariah, Dede (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN PRESTASI SISWA SD NEGERI 1 MUARA CIUJUNG TIMUR KECAMATAN RANGKASBITUNG KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN. Master thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DAN PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN..PDF - Published Version Restricted to Registered users only until 2015. Download (3MB) |
Abstract
The aim to achieve in this research is to know: (1) Description of Implementation of Management based School at SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur; (2) Description of Teacher’s Professionalism in learning process at SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur; (3) Implementation of Management based School and Teacher’s Professionalism can improve students achievement of SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur. In this research use qualitative research method which describe and give explanation about how implementation of management based school and teacher’s professionalism in improving students’ achievement of SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur. This research has conduct at SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung and subject in this research were teachers, students and parents that their children was studying at SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur. The sources has gotten from the visiting to the field, that is SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, by data sources are : (1) School Committee, (2) Teachers, and (3) Students. the researcher can conclude that planning activity in school management at Sekolah Dasar Negeri 1 Muara Ciujung Timur consist of : (a) Socialization was conducted by the Headmaster of school, teachers and school committee to society through the discussion to arise the willingness about the participation people on school advance. (b) The meetings has conducted by headmaster and teachers. (c) The meetings have conducted by school management. (d) The conference between the headmaster, teachers and school committee with public figure. The process of planning activity or the arranging school programs involve the teachers and society will encourage the openness and emphasizing the minimum of the errors. The Planning Activity has conducted maturely and discussing openly involves the Headmaster, Teachers, Committee and Parents. Keywords: School Based Management, Teachers’ Professionalism, and Students’ achievement.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Deskripsi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SD Negeri 1 Muaraciujung Timur; (2) Deskripsi profesionalisme guru dalam proses pemelajaran di SD Negeri 1 Muaraciujung Timur; (3) Implementasi MBS dan profesionalisme guru dapat meningkatkan prestasi siswa pada SD Negeri 1 Muaraciujung Timur. Penelitian ini menggunakan metode/pendekatan penelitian kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan memberikan penjelasan tentang bagaimana implementasi MBS dan profesionalisme guru dalam meningkatkan prestasi siswa SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Muara Ciujung Timur, Rangkasbitung, dan yang menjadi subjek penelitiannya yaitu guru, siswa dan masyarakat sekolah/orang tua siswa yang anak-anaknya bersekolah pada SD Negeri 1 Muaraciujung Timur. Informasi diperoleh langsung dari kunjungan ke lapangan yang dilakukan, yaitu di SD Negeri 1 Muaraciujung Timur, Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, dengan sumber data yaitu: (1) Komite Sekolah, (2) Guru, dan (3) Siswa. Akhir dari pembahasan ini yaitu simpulan, dimana bahwa kegiatan perencanaan dalam manajemen sekolah di Sekolah Dasar Negeri 1 Muara Ciujung Timur meliputi : (a) Sosialisasi dilaksanakan oleh kepala sekolah, guru dan komite sekolah kepada masyarakat melalui pertemuan-pertemuan yang dapat menumbuhkan kesedian tentang peran serta masyarakat dalam memajukan sekolah. (b) Rapat-rapat yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dengan dewan guru. (c) Rapat-rapat yang dilaksanakan oleh pengurus sekolah. (d) Rapat bersama antara kepala sekolah, guru dan komite sekolah serta tokoh masyarakat. Proses perencanaan kegiatan atau penyusunan program sekolah dengan melibatkan unsur guru-guru dan masyarakat akan mendorong terwujudnya keterbukaan dan akan menekan seminim mungkin tingkat kesalahan perencanaan. Kegiatan perencanaan dilaksanakan dengan matang dan dimusyawarahkan secara terbuka dengan melibatkan semua unsur-unsur yaitu Kepala Sekolah, Guru, Komite dan wali murid. Kata Kunci : MBS, Profesionalisme Guru, dan Prestasi Siswa | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : MBS, Profesionalisme Guru, dan Prestasi Siswa Keywords: School Based Management, Teachers’ Professionalism, and Students’ achievement | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
|||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana 08-Pascasarjana > Magister Teknologi Pembelajaran |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2021 08:35 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2021 08:35 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3747 |
Actions (login required)
View Item |