Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KATA HUBUNG SUBORDINATIF DAN KONSEP ALUR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMK PRUDENT SCHOOL KOTA TANGERANG

MUNAWAROH, SITI (2018) HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KATA HUBUNG SUBORDINATIF DAN KONSEP ALUR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMK PRUDENT SCHOOL KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
HUBUNGAN ANTARA PENGUASAAN KATA HUBUNG SUBORDINATIF DAN KONSEP ALUR DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMK PRUDENT SCHOOL KOTA TANGERANG.PDF
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

This research was implemented to find (1) the correlation of subordinative conjunction understanding with narrative text writing skills; (2) the correlation of plotting concept understanding with narrative text writing skills; (3) the correlation of subordinative conjunction understanding through plotting concept with narrative text writing skills of eleventh graders SMK Prudent School Kota Tangerang. The population was taken from 80 students of MIP 1, MIP 2, AP, and AK. This research took 27 students as a sample. The data was the learning result test as the research instrument with objectivity test. The research showed that (1) there was a significant correlation of subordinative conjunction understanding with narrative text writing skills rhitung (0,464) more than rtable (0,380), the correlation was seen by the number of t, where thitung (2,615) more than ttable (2,063); (2) there was a significant correlation of plotting concept understanding with narrative text writing skills rhitung (0,555) more than rtable (0,380), the correlation was seen by the number of t, where thitung (3,332) more than ttable (2,063); (3) there was a significant correlation of subordinative conjunction understanding through plotting concept with narrative text writing skills Ry(1,2) sebesar 0,714, the correlation was seen by the number of F, Fhitung = 12,512, i n a c a se of α = 0,05 wi t h num e ra t or df 3 and denumerator df 25, it was found that Ftabel as follows 2,990 that Fhitung > Ftabel. From the data, it was concluded that subordinative conjunction understanding through plotting concept had a significant correlation with narrative text writing skills in order to be considered to help students narrative text writing skills.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, AcengUNSPECIFIED
Thesis advisorTustiantina, DianaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya hubungan penguasaan kata hubung subordintif dengan keterampilan menulis karangan narasi; (2) ada tidaknya hubungan penguasaan konsep alur dengan keterampilan menulis karangan narasi; (3) ada tidaknya hubungan penguasaan kata hubung subordintif dan konsep alur secara bersama-sama dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas XI SMK Prudent School Kota Tangerang. Populasi penelitian adalah kelas XI MIP 1, MIP 2, AP, dan AK berjumlah 81 siswa. Siswa yang menjadi sampel sebanyak 27 siswa. Pengambilan data yang digunakan adalah tes hasil belajar sebagai instrumen penelitian dalam bentuk tes obyektifitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) ada hubungan yang siginifikan antara penguasaan kata hubung subordinatif dengan keterampilan menulis karangan narasi rhitung (0,464) yang lebih besar dari pada rtable (0,380), koefisien korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (2,615) lebih besar dari pada harga ttable (2,063); (2) ada hubungan yang siginifikan antara penguasaan konsep alur dengan keterampilan menulis karangan narasi harga rhitung (0,555) yang lebih besar dari pada rtable (0,380), koefisien korelasi diuji signifikansinya dengan melihat harga t, dimana thitung (3,332) lebih besar dari pada harga ttable (2,063); (3) ada hubungan signifikan antara penguasaan kata hubung subordinatif dan konsep alur secara bersama-sama dengan keterampilan menulis karangan narasi Ry(1,2) sebesar 0,714, koefisien korelasi signifikansi dengan uji F diperoleh Fhitung = 12,512, pada taraf nyata α = 0,05 dengan df pembilang 3 dan df penyebut 25 diperoleh Ftabel sebesar 2,990 maka Fhitung > Ftabel. Dengan meninjau hal-hal di atas, dapat diketahui bahwa penguasan kata hubung subordinatif dan konsep alur memiliki hubungan yang signifikan secara bersama-sama dengan keterampilan menulis karangan narasi sehingga perlu mendapatkan perhatian dan tindak lanjut sebagai pengembangan agar dapat membantu dan menunjang dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:19
Last Modified: 26 Oct 2021 08:19
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3746

Actions (login required)

View Item View Item