Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK)

Nurshita, Monawikha (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAIN GYM (SENAM OTAK). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAIN GYM (SEN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Monawikha Nurshita (228110271) Enhancing the motor ability of 4-5 years old children using Brain Gym method (Classroom action research at TK Tunas Merak Pandeglang). A Research Paper : Teaching Education Early Childhood Education, Faculty of Teaching and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2015. Soft motor ability is the ability of someone in movement which only involve certain body parts performed by small muscles, such as skill of using the fingers and wrist correctly. One of methods which is able to enhance children’s soft motor ability is Brain Gym. Brain Gym method has been chosen because this method is more interesting than other methods. The aim of this research is to enhance the motor ability of 4-5 years old children. Classroom action research has been used as the method. The subject of research consists of 10 kindergarten children of TK Tunas Merak Pandeglang located on Jl. Raya Pandeglang, Cigadung, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang, Banten. The technique of data collection has been done using observation, interview, field record and documentation. This research has been done within two cycles; cycle I consists of eight time actions and cycle II consists of two time actions. The result of this research shows the soft motor ability of the children is increase optimally because the teaching process begins with RPPH making, then do the action and observation in every cycle and do the reflection in order to fix every activity seemed not good enough. These children are able to train the muscles of their fingers, to coordinate muscles and eyes, to write several letters and hold pencil correctly. It shows in the percentage: 1) on pre research of children’s soft motor ability 23%, 2) after the action to the children in cycle I, the ability has been gone up to 45%, 3) on the cycle II, the percentage has been increase to 85%. Hence, the soft motor ability is enhanced and it’s on well grown. It can be conclude that Brain Gym method is able to enha

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriena, AlisUNSPECIFIED
Thesis advisorSuhaya, SuhayaUNSPECIFIED
Additional Information: Monawikha Nurshita (228110271) Meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 Tahun dengan menggunakan metode Brain Gym (Senam Otak) (Penelitian Tindakan Kelas di TK Tunas Merak Pandeglang). Skripsi : Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2015. Kemampuan motorik halus adalah kemampuan seseorang dalam gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dilakukan oleh otot-otot kecil, seperti keterampilan menggunakan jari jemari tangan dan gerakan pergelangan tangan yang tepat. Salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan menggunaka metode Brain Gym (senam otak). Metode Brain Gym (senam otak) dipilih karena lebih menarik dari metode lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 Tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak di TK Tunas Merak Pandeglang yang berlokasi di Jl. Raya Pandeglang, Cigadung, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dan di siklus II terdiri dari 2 kali tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan motorik halus anak berkembang secara optimal, karena pada proses pembelajaranya diawali dengan membuat RPPH, lalu melakukan tindakan dan pengamatan disetiap siklusnya, serta melakukan refleksi guna memperbaiki kegiatan yang di anggap masih kurang baik. Anak mampu melatih otot-otot tangan/jari, anak mampu mengkoordinasikan otot dan mata, anak mampu menulis beberapa huruf, dan anak mampu memegang pensil dengan benar, diketahui dari hasil presentase: 1) Pada pra penelitian kemampuan motorik halus anak 23%, 2) Setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, kemampuan motorik halus anak meningkat menjadi 45%, 3) Pada siklus ke II diperoleh hasil sebesar 85%. Dengan demikian, kemampuan motorik halus anak dapat dikatakan meningkat dan berada pada berkembang sangat baik. maka dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan metode Brain Gym (Senam Otak) dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Merak Pandeglang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:13
Last Modified: 26 Oct 2021 08:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3745

Actions (login required)

View Item View Item