Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

USULAN PERANCANGAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) BERDASARKAN PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIOLOGIS DAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI

Al Harby, Muhammad Feruzi (2021) USULAN PERANCANGAN JEMBATAN PENYEBERANGAN ORANG (JPO) BERDASARKAN PENGUKURAN BEBAN KERJA FISIOLOGIS DAN PENDEKATAN ANTROPOMETRI. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Skripsi Muhammad Feruzi Al Harby_3333170012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (Abstrak)
Cover Skripsi Muhammad Feruzi Al Harby_3333170012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sebagai salah satu kota industri, kota Cilegon juga memiliki lalu lintas yang padat. Sehingga penggunaan JPO sangatlah penting sebagai sarana penyeberangan yang aman. Namun nyatanya penggunaan JPO di kota Cilegon sangat sedikit dan lebih memilih untuk menyeberang secara langsung. Hal tersebut diakibatkan karena pengguna JPO yang merasakan kelelahan ketika menaiki tangga JPO dibandingan dengan menyeberang secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui beban kerja fisiologis dari pengguna JPO serta memberikan usulan desain JPO yang ergonomis guna mengurangi beban kerja fisiologis. Metode yang digunakan adalah perhitungan denyut nadi, konsumsi energi dan pendekatan antropometri. Berdasarkan pengukuran denyut nadi didapatkan rerata denyut nadi sebesar 120.56 dan termasuk pada kategori berat, dari metode konsumsi energi didapatkan rerata konsumsi energi sebesar 5.94 Kkal/min dan termasuk pada kategori sedang, dari metode HRR didapat nilai HRR sebesar 36.9% dan perlu dilakukan perbaikan. Melalui pendekatan antropometri didapat ukuran anak tangga sebesar 15cm, lebar injakan sebesar 30cm, sudut kemiringan sebesar 27º, tinggi pegangan tangan sebesar 91cm, lebar pegangan tangan sebesar 5cm, tinggi atap sebesar 273.2 cm, lebar jalur sebesar 200cm, dan area bordes sebesar 200x130cm.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorLady, LovelyUNSPECIFIED
Thesis advisorWahyuni, NuraidaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Antropometri, Beban Kerja Fisiologis, Denyut Nadi, JPO, Konsumsi Energi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TG Bridge engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 26201-Jurusan Teknik Industri
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jul 2024 16:01
Last Modified: 02 Jul 2024 16:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37426

Actions (login required)

View Item View Item