Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGEMBANGAN SISTEM TRANSPORTASI HIJAU KAMPUS UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA SEBAGAI PENDUKUNG MOBILITAS CIVITAS AKADEMIKA

SURYAMAN, DANDY RAMDHAN (2021) PENGEMBANGAN SISTEM TRANSPORTASI HIJAU KAMPUS UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA SEBAGAI PENDUKUNG MOBILITAS CIVITAS AKADEMIKA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
TA_Dandy Ramdan Suryaman_3336160101.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_DANDY RAMDHAN SURYAMAN_3336160101.pdf

Download (227kB)

Abstract

Lingkungan kampus merupakan tempat beraktivitas civitas akademika, dalam pergerakannya manusia tidak terlepas dengan sistem transportasi dan tidak jarang berdampak buruk bagi lingkungan. Perencanaan penerapan program Green Campus di kampus UNTIRTA menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan lingkungan dengan mengurangi jumlah kendaraan bermotor sehingga menurunkan polusi yang terbuang ke lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sistem tatakelola transportasi dan prasarana di Kampus UNTIRTA. Metode yang digunakan adalah metode survei dan obeservasi lapangan yang mengacu pada UI Greenmetric, berupa pengambilan sampel data volume kendaraan dan penilaian sarana dan prasara di lingkungan kampus. Menurut UI Greenmetric penggunaan kebijakan pengurangan kendaraan bermotor memiliki 3 fase, yaitu fase pengurangan lahan parkir dan kendaraan <10%; 10%<30%; dan >30%. Berdasarkan identifikasi kondisi di lapangan yang mengacu pada penilaian UI greenmatric didapatkan nilai yang berbeda, antara lain di kampus A sebesar 925 poin ; kampus B sebesar 700 poin; kampus C sebesar 800 poin, dan kampus D sebesar 625 poin. Standar nilai maksimum untuk 8 penilaian transportasi tersebut adalah 1800. Berdasarkan hasil penilaian tersebut dibutuhkan perbaikan sarana dan sistem tatakelola transportasi di lingkungan kampus, salah satunya dengan peningkatan sistem Green Campus seperti pengurangan lahan parkir dan penggunaan trasnportasi ramah lingkungan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBethary, Rindu TwidiUNSPECIFIED
Thesis advisorBudiman, AliefUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kampus hijau, green transportation, UI Greenmatric,UNTIRTA
Subjects: Communication > Public Relations Science
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
L Education > L Education (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jul 2024 11:48
Last Modified: 02 Jul 2024 11:48
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37413

Actions (login required)

View Item View Item