Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN PASIR PANTAI TERHADAP NILAI CBR UNSOAKED (Studi Kasus Jalan Kampung Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Kab. Pandeglang)

NUGROHO, RIZQI CAHYO (2021) STABILISASI TANAH LEMPUNG MENGGUNAKAN PASIR PANTAI TERHADAP NILAI CBR UNSOAKED (Studi Kasus Jalan Kampung Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Kab. Pandeglang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
4). TA_RIZQI CAHYO NUGROHO_3336170002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56MB)
[img] Text (Abstrak)
1). COVER - ABSTRAK_RIZQI CAHYO NUGROHO_3336170002.pdf

Download (134kB)

Abstract

Dalam pelaksanaan pembangunan jalan, ada kalanya kondisi tanahnya secara struktur tidak mampu mendukung beban-beban yang bekerja di atasnya dengan baik. Konstruksi tanah di Jalan Kampung Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang mempunyai daya dukung yang rendah dengan memiliki nilai California Bearing Ratio (CBR) sebesar 3,1% dengan pengujian Dynamic Cone Penetration, sehingga nilai CBR di jalan tersebut dibawah standar, maka tanah tersebut perlu dilakukan stabilisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan klasifikasi tanah di Jalan Kampung Juhut, Kecamatan Karang Tanjung, Kab. Pandeglang dengan metode Unified Soil Classification System (USCS). Serta mengetahui nilai CBR tidak terendam dengan penambahan pasir pantai persentase 0%, 12%, 24%, dan 36% dengan pemeraman selama 0, 7, 14 hari. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan sistem klasifikasi USCS jenis tanah di daerah tersebut termasuk dalam klasifikasi OH, yaitu tanah lempung organik dengan plastisitas sedang hingga tinggi. Berdasarkan hasil penambahan pasir pantai sebesar 36% dan pemeraman selama 14 hari nilai CBR paling tinggi yaitu 28% dan masuk dalam kategori good untuk base atau subbase.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorKusuma, Rama IndraUNSPECIFIED
Thesis advisorMina, EndenUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: stabilisasi, pasir pantai, USCS, CBR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 02 Jul 2024 11:49
Last Modified: 02 Jul 2024 11:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/37411

Actions (login required)

View Item View Item