Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUB KONSEP KANDUNGAN GIZI DI KELAS VIII SMPN 9 KOTA SERANG

ASTIANI, TIA (2018) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUB KONSEP KANDUNGAN GIZI DI KELAS VIII SMPN 9 KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN PROSES SAINS DENGAN SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SUB KONSEP KANDUNGAN GIZI.pdf

Download (7MB)

Abstract

The relationship between science process skills and student’s scientific attitude through practice-based learning need to studied by discovery learning model on nutrition sub concept of VIII grade in SMPN 9 Kota Serang. The population used in this study was all of VIII grade students in SMPN 9 Kota Serang, while the sample was Class B VIII grade students with the number of students as much as 43 students, taken by simple random sampling technique. The data collected by using observation sheet that was analyzed by correlation test and regression test. Based on the results of research concluded that the value of science process skill students obtained an average of 85.0 with very good category while the student’s scientific attitude obtained an average of 83.8 with very good category. The correlation between science process skills and scientific attitude has correlation coefficient value of 0.435 with significance value 0.004 indicates that science process skill and scientific attitude has significant and medium correlation.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorUtari, EnggarUNSPECIFIED
Thesis advisorRifqia Wati, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran berbasis praktikum menggunakan model discovery learning pada sub konsep kandungan gizi kelas VIII di SMPN 9 Kota Serang. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII di SMPN 9 Kota Serang, dengan sampel yang digunakan yaitu kelas VIII B dengan jumlah siswa sebanyak 43 siswa, yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik non tes berupa lembar observasi yang dianalisis dengan uji korelasi dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa nilai keterampilan proses sains siswa memiliki rata-rata sebesar 85.0 dengan kategori sangat baik sedangkan sikap ilmiah siswa diperoleh rata-rata sebesar 83.8 dengan kategori sangat baik. Korelasi antara keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah memperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0.435 dengan taraf signifikasi sebesar 0.004 hal tersebut menunjukan bahwa keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah memiliki hubungan yang sedang dan signifikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:10
Last Modified: 26 Oct 2021 08:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3741

Actions (login required)

View Item View Item