Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI

KHASANAH, MIFTAHUL (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE MULTISENSORI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Name: Miftahul Khasanah. NIM: 2228131745. Title: Improving The Beginning Writing Capability Through Multisensory Methods (Action Research on Child Group B in TK Putra II - Banten). Early Childhood Education Teacher Departement (PG-PAUD). Teacher Training and Education Faculty. This study aims to determine whether the ability to write the beginning of group B children can be increased through multisensory methods. This is because, the ability to write the beginning of the child in group B1 in TK Putra II is still low, it is seen when the child is still less able in copying words, drawing shapes, drawing lines, writing names on his work, recognizing the similarities and differences in some letters (b , d, p, q, m, w) and numbers (2, 3, 5, 9), form letters, and write the letters dictated by the teacher. This research was conducted in March and April in second semester of academic year 2016/2017 at TK Putra II of Serang - Banten, with action research method. Subjects in this study were 19 children aged 5-6 years consisting of 7 boys and 12 girls in TK Putra II Serang - Banten. The research procedure of three stages is 1) planning, 2) Action and Observation, 3) Reflection. Data collection techniques through observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation and conclusion.The results showed that the ability to write the beginning of group B with multisensory method is known that the initial condition of 28% and then in the first cycle increased to 49% and in the second cycle has increased significantly to 77.5% and are on a good scale included in the classification successful. Based on the results of data that have been obtained it can be concluded that the application of multisensory methods can improve the ability to write the beginning of children group B in TK Putra II Serang - Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyani, IstiUNSPECIFIED
Thesis advisorKusuma Wardani, DinaUNSPECIFIED
Additional Information: Nama : Miftahul Khasanah. NIM : 2228131745. Judul : Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Metode Multisensori (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B di TK Putra II Kota Serang - Banten). Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah kemampuan menulis permulaan anak kelompok B dapat diitingkatkan melalui metode multisensori. Hal ini dikarenakan, kemampuan menulis permulaan anak di kelompok B1 di TK Putra II masih rendah, hal tersebut terlihat ketika anak masih kurang mampu dalam menyalin kata, menggambar bentuk, menggambar garis, menulis nama pada hasil karyanya, mengenal kemiripan dan perbedaan beberapa huruf (b, d, p, q, m, w ) dan angka (2, 3, 5, 9), membentuk huruf, serta menulis huruf yang di diktekan oleh guru. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret dan April di semester kedua tahun ajaran 2016/2017 di TK Putra II Kota Serang-Banten, dengan metode penelitian tindakan (action research). Subjek pada penelitian ini adalah 19 anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 12 anak perempuan di TK Putra II Kota Serang-Banten. Prosedur penelitian tiga tahapan yaitu 1) perencanaaan, 2) Tindakan dan Pengamatan, 3) Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis-analisis kuantitatif dan analisis kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis permulaan anak kelompok B melalui metode multisensori diketahui bahwa pada kondisi awal 28% kemudian di siklus I meningkat menjadi 49% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 77,5% dan berada di skala baik yang masuk dalam klasifikasi berhasil. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode multisensori dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan anak kelompok B di TK Putra II Kota Serang – Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:08
Last Modified: 26 Oct 2021 08:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item