Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK PINTAR

MULYANI, SRI (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK PINTAR. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF KOTAK PINTAR.PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Name: Sri Mulyani. Nim: 2228131738. Title : Improve Numeracy Skills Starters Through Educative Games Box Clever (Action Research on Children Aged 5-6 years at TK Al-Hamidiyah Cibungbulang, Bogor District). Early Childhood Education Teacher Departement (PG-PAUD). Faculty of Teacher Training and Education. Beginning count is one of the important capabilities that can be introduced to the child since the beginning considering all human activities are always related to the activities of counting. Early numeracy skills in kindergarten Al-Hamidiyah Bogor still low, this is because there are still children who have not been able to understand the concept of counting, counting activities in the class only use the worksheet so that the learning process can not run optimally. So needed the use of learning media used to be able to count through concrete objects. A smart box is an APE that can be used as a medium of learning in the start counting activity The method used in this research is the method of action research, the action designed in the recurring cycle, in this study consists of two cycle. In cycle I as much as 8 time. Action and cycle II as 1 times action. With success criteria reach 70%. Each cycle consists of stages; planning, action observation, and reflection. The subjects of this study were the children of TK Al-Hamidiyah Cibungbulang Bogor of 11 children consisting of 3 girls and 8 boys in second semester of academic year 2016/2017. Data collection techniques used are through observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis consists of data reduction, data presentation and conclusion. Based on the results of research that has been done, it is found that the ability to count the beginning of children aged 5-6 years increases each cycle. At pre action of 38%, first cycle 66% and on the second cycle 78% and experienced success on targeted indicator. Based on the results of data that have been obtained it can be concluded that educational game tool smart box can improve the ability to count the beginning of the child after 5-6 years in kindergarten Al-Hamidiyah Cibungbulang Bogor regency.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, AtinUNSPECIFIED
Thesis advisorMaryani, KristianaUNSPECIFIED
Additional Information: Nama: Sri Mulyani. Nim: 2228131738. Judul : Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Alat Permainan Edukatif Kotak Pintar (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Al-Hamidiyah Cibungbulang, Kabupaten Bogor). Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD). Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Berhitung permulaan merupakan salah satu kemampuan penting yang dapat dikenalkan kepada anak sejak dini mengingat segala aktivitas manusia selalu berkaitan dengan kegiatan berhitung. Kemampuan berhitung permulaan di TK Al-Hamidiyah Bogor masih rendah, hal ini disebabkan karena masih terdapat anak yang belum mampu memahami konsep berhitung, kegiatan berhitung di kelas hanya menggunaka lembar kerja sehingga proses pembelajaran tidak dapat berjalan secara optimal. Maka diperlukan penggunaan media pembelajaran yang digunakan untuk dapat berhitung melalui benda konkrit. Kotak pintar merupakan APE yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam kegiatan berhitung permulaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 kali tindakan dan siklus II sebanyak 1 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan mencapai 70%. Disetiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun TK AL-Hamidiyah Cibungbulang Kabupaten Bogor yang berjumlah 11 orang anak yang terdiri 3 anak perempuan dan 8 anak laki-laki pada semester II tahun jaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data etrdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa kemampuan berhitung permulaan anak usia 5-6 tahun meningkat si setiap siklusnya. Pada pra tindakan sebesar 38%, siklus I sebesar 66% dan pada siklus II sebesar 78% dan mengalami keberhasilan pada indikator yang sudah ditargetkan. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif kotak pintar dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan anak usai 5-6 tahun di TK Al-Hamidiyah Cibungbulang Kabupaten Bogor.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 08:04
Last Modified: 26 Oct 2021 08:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item