Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL

NIOVANI WALUYO, ALEXANDRA (2017) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL.PDF
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Nama : Alexandra Niovani Waluyo. NIM: 2228132133. Tittle: Improving the Interpersonal Intelligence of 5-6 Years Old Children Through Traditional Games. Department of Teacher Education Early Childhood Education (PGPAUD). Faculty of Teacher Training and Education High interpersonal intelligence can help the child to overcome all feelings of anger, pleasure, sadness, enthusiasm, etc., and the child can better understand and follow the rules in the game, be cooperative, polite and discipline. Interpersonal intelligence of children aged 5-6 years in PAUD negeri Terpadu Syeh Malka still low, this is because there are still children who do not understand the rules and be disciplined, so that the learning process can not run optimally. So needed the use of learning media that can be interesting and fun for children, one of them using traditional games. Traditional game is one of the media applied by researchers in improving interpersonal intelligence. The method used in this research is action research, action designed in repetitive cycle, in this research consist of two cycles. In the first cycle of 8 times action and cycle II as much as 2 times action, with success criteria reached 75%. The subject of this research is in the PAUD negeri Terpadu Syeh Malka amounted to 13 children of group B consisting of 8 girls and 7 boys. In each cycle consists of 4 stages of planning, action, embedding and reflection. Data collection techniques through observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis uses data reduction, data presentation, and conclusions. Initial stages are given in the learning process by designing RPPH and applying traditional games in the learning process. In the core activities is done by giving action through traditional games and make observations in each cycle. Based on the results of research that interpersonal intelligence of children aged 5-6 years through traditional games with the results of this study note that at the beginning of 26% then in the first cycle increased to 58%, and in the second cycle had a significant increase reached 86% and experienced Success on targeted indicators. Based on the results of data that have been obtained, it can be concluded that by using traditional games in learning activities, can improve the interpersonal intelligence of children group B PAUD Negeri Terpadu Syeh Malka Cibadak Lebak-Banten.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorTriena Permanasari, AlisUNSPECIFIED
Thesis advisorRosidah, LailyUNSPECIFIED
Additional Information: Nama : Alexandra Niovani Waluyo. NIM: 2228132133. Judul Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Tradisional. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Kecerdasaan interpersonal yang tinggi dapat membantu anak untuk mengatasi segala perasaan marah, senang, sedih, antusias, dan lain-lain, dan anak dapat lebih memahami serta mengikuti peraturan-peraturan dalam permainan, bersikap kooperatif, sopan dan disiplin. Kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di PAUD Negeri Terpadu Syeh Malka masih rendah, hal ini disebabkan karena masih ada anak yang belum memahami peraturan dan bersikap disiplin, sehingga proses pembelajaran tidak dapat berjalan secara optimal, sehingga diperlukan penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik dan menyenangkan bagi anak, salah satunya menggunakan permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan salah satu media yang diterapkan peneliti dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan, tindakan yang dirancang dalam siklus berulang, dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada siklus I sebanyak 8 kali tindakan dan siklus II sebanyak 2 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan peningkatan kecerdasan interpersonal mencapai 75%. Subjek penelitian ini adalah di PAUD Negeri Terpadu Syeh Malka berjumlah 13 orang anak kelompok B yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengematan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Tahapan awal yang diberikan dalam proses pembelajaran dengan merancang RPPH dan menerapkan permainan tradisional dala proses pembelajaran. Pada kegiatan inti dilakukan dengan memberi tidakan melalui permainan tradisional dan melakukan pengamatan di setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun melalui permainan tradisional dengan hasil penelitian ini diketahui bahwa pada kondisi awal 26% kemudian di siklus I meningkat menjadi 58%, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 86% dan mengalami keberhasilan pada indikator yang sudah ditargetkan. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan tradisional dalam kegiatan pembelajaran, dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak kelompok B PAUD Negeri Terpadu Syeh Malka Cibadak Lebak-Banten.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:57
Last Modified: 19 Nov 2021 14:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3732

Actions (login required)

View Item View Item