URFAH, MAWADDATUL (2017) KONTRIBUSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR) TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMAN 1 CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
KONTRIBUSI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KELOMPOK ILMIAH REMAJA (KIR) TERHADAP.PDF Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
The purpose of this research was to find out the quality of KIR (Youth Scientific Group) extracurricular in SMAN 1 Cilegon, description of scientific attitude on students of KIR members in biology learning process and its contribution towards scientific attitude in biology learning process at the SMAN 1 Cilegon (in descriptive). This descriptive qualitative research used correlation research design. The independent variable was KIR extracurricular and the dependent variable was scientific attitude in biology learning process. Moreover, the population in this research were all students that join KIR extracurricular at SMAN 1 Cilegon during 2014-2015 period. The sample were active members of KIR extracurricular at SMAN 1 Cilegon during 2014-2015 period. The sample were taken by using saturated techniques sampling. The researcher used questionnaire to collect the data of KIR activities and scientific attitude; interviewing chair of KIR; KIR advisor, and biology teachers; and also took some photos of the KIR activities. Analysis of simple regression value was 0.15. In conclusion that the quality of KIR extracurricular at SMAN 1 Cilegon was 55.23% that can be categorized as fair enough, the average of scientific attitude in biology learning process was 73.49% and there is no contribution of KIR extracurricular towards student’s scientific attitude in biology learning process even the result is 15%, it isn’t too significant based on significance level of 5%..
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: kualitas kegiatan ekstrakurikuler KIR di SMAN 1 Cilegon, deskripsi sikap ilmiah pada pembelajaran biologi siswa anggota KIR di SMAN 1 Cilegon, besaran kontribusi kegiatan ekstrakurikuler Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran biologi di SMAN 1 Cilegon (secara deskriptif). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan desain penelitian korelasional. Kegiatan ekstrakurikuler KIR sebagai variabel bebas dan sikap ilmiah pada pembelajaran biologi sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota KIR SMAN 1 Cilegon angkatan 2014-2015 SMAN 1 Cilegon. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari seluruh anggota KIR SMAN 1 Cilegon yang aktif di angkatan 2014-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kualitas kegiatan KIR dan sikap ilmiah pada pembeljaran biologi), naskah wawancara (ketua KIR, pembina KIR, dan guru Biologi), dan dokumentasi kegiatan KIR. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh nilai regresi sebesar 0,15. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: kualitas kegiatan ekstrakurikuler KIR di SMAN 1 Cilegon adalah sebesar 55,23% dengan kategori cukup, rata-rata nilai sikap ilmiah siswa pada pembelajaran biologi adalah sebesar 74,39%, dan tidak ada kontribusi kegiatan ekstrakurikuler KIR terhadap sikap ilmiah pada pembelajaran biologi, meskipun sebesar 15% dikarenakan tidak signifikan pada uji signifikansi taraf 5%. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2021 07:47 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2021 07:47 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3727 |
Actions (login required)
View Item |