Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEMANGAT DAN KOMITMEN KEBANGSAAN UNTUK MEMPERKUAT NKRI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang)

Hailala, Shifaunnada (2018) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEMANGAT DAN KOMITMEN KEBANGSAAN UNTUK MEMPERKUAT NKRI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SEMANGAT DAN KOMITMEN KEBANGSAAN UNTUK MEMPERKUAT NKRI.PDF
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

The purpose of the research is to determine the the effectiveness of the use of media video animated of understanding of the student in the material spirit and a national commitment to srengthen the unity of the country of the republic indonesia (NKRI) on learning pancasila and civic education. The research method used in this research is Quasi Eksperimen method and the research design used is The Nonequivalent Control Group Design. The sample used in this research is class VIII F as experiment class and class VIII D as control class. Data collection techniques used in this study is a test of pretest and posstest. While the data analysis technique used to analyze the data of research result is t test and effectiveness test (effect size). The results showed that based on the calculation of t test obtained t count = 4.996 and t table = 1.671. Because t count > t table then it can be concluded that there is difference learners learn result between experiment class and control class. The experimental class learning result has an average value of 82,89 while the control class is 69,60. This shows that the experimental class learning outcomes are better than the control class learning outcomes. Based on the results of calculations effectiveness test obtained that the effectiveness of audio visual media into the classification high, because the value of the effect size of 0.83 and classification effect size by Cohen states if d > 0.8 then have a high classification. Based on the results of the research, it can be concluded that animation video media is effective towards students' understanding of spirit material and national commitment to strengthen the Republic of Indonesia in learning Pancasila and Citizenship Education.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDAMANHURI, DAMANHURIUNSPECIFIED
Thesis advisorSUGIANA, DINARUNSPECIFIED
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video animasi terhadap pemahaman siswa pada materi semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa pretest dan posstest serta observasi sebagai data pendukung. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji t dan uji efektivitas (ukuran efek). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan uji t diperoleh nilai thitung = 4,996 dan ttabel = 1,665. karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemahaman siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata sebesar 82,89 sedangkan kelas kontrol sebesar 69,60. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan pemahaman siswa kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji efektivitas diperoleh bahwa efektivitas media video animasi masuk ke dalam klasifikasi tinggi, karena nilai ukuran efek sebesar 0,83 dan klasifikasi effect size oleh Cohen menyatakan jika d > 0,8 maka memiliki klasifikasi tinggi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media video animasi efektif terhadap pemahaman siswa pada materi semangat dan komitmen kebangsaan untuk memperkuat NKRI dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 87205-Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 07:42
Last Modified: 26 Oct 2021 07:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3722

Actions (login required)

View Item View Item