SUPITRI, IKA (2018) EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONSTEKSTUAL BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN LUMUT DI PULAU TUNDA PADA SUB KONSEP LUMUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (Skripsi)
EFEKTIVITAS PENERAPAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONSTEKSTUAL BERDASARKAN KEANEKARAGAMAN LUMUT DI PULAU TUNDA PADA SUB KONSEP LUMUT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
This research aim to know the effectiveness of the application student’s worksheet contextual-based on the sub concept of moss towards student’s learning outcomes, the learning difficulties experienced by teachers, and student’s response against the worksheet. This research was a research and development (R&D) research continued in the stage of a limited-scale trial conducted in class X MIPA 2 SMAN 2 Pandeglang 34 students. Simple random sampling used for sampling methods. The instruments used in the implementation of student’s worksheet were objective test in the form of multiple choice, psychomotor assessment sheet, student response questionnaire, student reflection and introspection, teacher reflection journal, also observation learning sheet. The result showed that 76.47% of students complete in the cognitive domain and 83% of students complete in the psychomotor domain. While, the results of questionnaire responses, 52.94% of students stated very feasible, and 47.06% of students declared feasible. So it concluded that student’s worksheet contextualbased on the sub concept of moss effective and feasible to be applied for teaching learning process.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan lembar kerja siswa (LKS) berbasis kontekstual pada sub konsep lumut dilihat dari hasil belajar siswa, kesulitan yang dialami guru selama pembelajaran, dan respon siswa terhadap LKS yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) lanjutan pada tahap uji coba skala terbatas yang dilaksanakan pada kelas X MIPA 2 SMAN 2 Pandeglang sebanak 34 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penerapan LKS yaitu tes objektif berupa soal pilihan ganda sebanyak 10 soal, lembar penilaian psikomotorik, angket respon siswa, refleksi dan interospeksi siswa, jurnal refleksi guru, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa 76,47% siswa tuntas pada ranah kognitif dan 83% siswa tuntas pada ranah psikomotor. Berdasarkan hasil angket respon, sebanyak 52,94% siswa menyatakan sangat layak, dan 47,06% siswa menyatakan layak. Maka dapat disimpulkan bahwa LKS lumut yang dikembangkan efektif dan layak untuk diterapkan pada proses pembelajaran sebagai bahan ajar pada konsep tumbuhan. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Admin Eprints Untirta | |||||||||
Date Deposited: | 26 Oct 2021 07:36 | |||||||||
Last Modified: | 26 Oct 2021 07:36 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3719 |
Actions (login required)
View Item |