Nisa, Mukarromatun and Fuad, Anis and Haris, Deden M. (2014) IMPLEMENTASI PROGRAM PUSAT LAYANAN INTERNET KECAMATAN (PLIK) DI KECAMATAN BANJAR KABUPATEN PANDEGLANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text (SKRIPSI ANE - MUKARROMATUN NISA - 2014)
ANE - MUKARROMATUN NISA 6661091667.pdf - Published Version Download (4MB) |
Abstract
Mukarromatun Nisa. NIM: 6661091667. Skripsi. Implementasi Program Pusat Layanan Internet (PLIK) di Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang. Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I, Anis Fuad, S.Sos., M.Si., Dosen Pembimbing II, Deden M. Haris, S.Sos., M.Si. Kata Kunci: Implementasi, Program, Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK) dibangun di Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang karena akses layanan internet untuk masyarakat masih terbatas. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana implementasi program PLIK di Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang. Penelitian ini mengutip teori implementasi kebijakan publik menurut Van Metter dan Van Horn. Metode penelitian ini yakni metode kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program PLIK di Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang belum optimal, karena Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) tidak memberikan instruksi khusus kepada pemerintah daerah terkait yakni Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Pandeglang serta Kantor Kecamatan Banjar untuk melakukan koordinasi dan pengawasan; tidak adanya inisiatif dari pemerintah daerah terkait untuk mengoptimalkan PLIK; terbatasnya kualitas dan kuantitas sumber daya manusia baik untuk Mitra PLIK dan ISAT Net; masyarakat belum sadar akan pentingnya internet; sarana dan prasarana PLIK yang belum memadai; serta tidak adanya ketegasan dari pihak BP3TI terhadap beberapa pelanggaran yang terjadi. Saran dalam penelitian ini yakni BP3TI membuat instruksi khusus bagi Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Pandeglang serta Kantor Kecamatan Banjar untuk melakukan koordinasi dan pengawasan; pemerintah daerah terkait melakukan inisiatif dalam mengoptimalkan PLIK; menambah 2 pegawai maintainer; menyelenggarakan pelatihan untuk Mitra PLIK; mengadakan pegawai Operator PLIK; menyelenggarakan sosialisasi serta pelatihan internet untuk masyarakat; meningkatkan pemeliharaan dan perbaikan sarana dan prasarana PLIK; serta BP3TI memberikan sanksi yang tegas terhadap beberapa pelanggaran yang terjadi.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Mukarromatun Nisa. NIM: 6661091667. Script. The Implementation of Subdistrict Internet Service Center (PLIK) Program in Banjar Subdistrict Pandeglang Regency. Public Administration Departement. Faculty of Social and Political Sciences. University of Sultan Ageng Tirtayasa. 1st Advisor, Anis Fuad, S.Sos., M.Si. 2nd Advisor, Deden M Haris, S.Sos., M.Si. Keywords: Implementation, Program, Subdistrict Internet Service Center (PLIK) The Subdistrict Internet Service Center (PLIK) program was built in Banjar’s Subdistrict Pandeglang’s Regency because the public internet service’s access was limited rated. The purpose of this study is to determine how the implementation of PLIK program in Banjar’s Subdistrict Pandeglang’s Regency. This study cites the theory of public policy implementation according to Van Metter and Van Horn. This research method is the qualitative-descriptive method. The results showed that the implementation of PLIK program in Subdistrict’s Banjar Pandeglang’s Regency not optimal, because the Telecommunication and Information Technology Financial Management and Provision Institute (BP3TI) did not give specific instructions to the local government that the Department of Transportation, Communication, and Informatics in the Pandeglang’s Regency and also for Banjar’s Subistrict Office which it using to coordinate and supervice; the absence of local government initiatives to optimize PLIK; the limited quality and quantity of human resources for Partners PLIK and ISAT Net; public is not aware of the internet importance; infrastructure PLIK inadequate; and lack of firmness BP3TI’s party with some violations. Recommendations in this study that BP3TI make any special instructions for the Department of Transportation, Communication, and Informatics in the Pandeglang’s Regency and Banjar’s Subistrict Office for coordination and supervision; local government to take the initiative in optimizing PLIK; add 2 employees maintainer; training for Partners PLIK; hold employees PLIK operator; organized socialization and training for the public; improve the maintenance and repair of facilities and infrastructure PLIK; and BP3TI provide strict sanctions against some violations. |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 23 Nov 2015 04:20 |
Last Modified: | 23 Nov 2015 04:20 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/371 |
Actions (login required)
View Item |