Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

DAMPAK PENITIPAN ANAK (DAY CARE) TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B USIA (USIA 5-6 TAHUN) DI TAMAN PENITIPAN ANAK PERMATA RUBY KOTA SERANG

Lestari, Ayu (2017) DAMPAK PENITIPAN ANAK (DAY CARE) TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B USIA (USIA 5-6 TAHUN) DI TAMAN PENITIPAN ANAK PERMATA RUBY KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
DAMPAK PENITIPAN ANAK (DAY CARE) TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B USIA (USIA 5-6 TAHU.PDF
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Ayu Lestari (2221130674), 2017. “Dampak Penitipan Anak (Day Care) Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang”. Pembimbing I, Prof. Dr. Sudadio, M. Pd Pembimbing II Ika Rizqi Meilya, M. Pd Masalah dalam penelitian ini adalah Dampak Penitipan Anak (Day Care) Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui pelaksanaan sistem pembelajaran day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang, (2) Mengetahui perkembangan sosial anak peserta program day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang, (3) Mengetahui dampak positif dan negatif sistem day care terhadap perkembangan sosial anak di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tehknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta mengumpulkan data-data serta faktafakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas, sumber data penelitian ini berjumlah 8 orang, yaitu 1 orang pengelola, 3 orang pendidik dan 4 orang tua peserta didik di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan sistem pembelajaran day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby sudah dikatakan berhasil. Hal tersebut diketahui dengan terpenuhinya keberhasilan dalam sebuah proses sistem pembelajaran day care yang meliputi 2 kegiatan yaitu intrakulikuler yang dilaksanakan pagi dan ektrakulikuler yang dilaksanakan setelah kegiatan intrakulikuler, (2) Perkembangan Sosial Anak Peserta day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby sudah dikatakan ”Baik”. Hal tersebut diketahui dengan terpenuhinya keberhasilan dalam sebuah program pembelajaran day care terhadap perkembangan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) dimana anak dalam perkembangan sosialnya anak cepat dalam merespon pertemanan, dan mampu bersosialisasi dengan cepat, (3) Dampak postif pelaksanaan sistem day care di TPA Permata Ruby adalah program day care sangat membantu orang tua yang sibuk bekerja dan tidak sempat memberikan pengasuhan kepada anak. Anak mendapatkan tambahan pengetahuan serta pendidikan umum antisipasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan juga anak mampu dengan cepat berinteraksi. Adapun dampak lain adalah kepribadian, potensi dan bakat anak menjadi lebih baik. Sedangkan dampak negatif terhadap anak yaitu menyebabkan anak lelah, bosan, jenuh dan anak jarang/kurang bersosialisasi di lingkungan rumah karena anak mengikuti kegiatan seharian penuh disekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSudadio, SudadioUNSPECIFIED
Thesis advisorRizqi Meilya, IkaUNSPECIFIED
Additional Information: Ayu Lestari (2221130674), 2017. “Dampak Penitipan Anak (Day Care) Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang”. Pembimbing I, Prof. Dr. Sudadio, M. Pd Pembimbing II Ika Rizqi Meilya, M. Pd Masalah dalam penelitian ini adalah Dampak Penitipan Anak (Day Care) Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui (1) Mengetahui pelaksanaan sistem pembelajaran day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang, (2) Mengetahui perkembangan sosial anak peserta program day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang, (3) Mengetahui dampak positif dan negatif sistem day care terhadap perkembangan sosial anak di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun tehknik dan pedoman pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta mengumpulkan data-data serta faktafakta yang terjadi dengan tambahan referensi dari beberapa buku yang berkaitan dengan permasalahan yang dibahas, sumber data penelitian ini berjumlah 8 orang, yaitu 1 orang pengelola, 3 orang pendidik dan 4 orang tua peserta didik di Taman Penitipan Anak Permata Ruby Kota Serang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan sistem pembelajaran day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby sudah dikatakan berhasil. Hal tersebut diketahui dengan terpenuhinya keberhasilan dalam sebuah proses sistem pembelajaran day care yang meliputi 2 kegiatan yaitu intrakulikuler yang dilaksanakan pagi dan ektrakulikuler yang dilaksanakan setelah kegiatan intrakulikuler, (2) Perkembangan Sosial Anak Peserta day care di Taman Penitipan Anak Permata Ruby sudah dikatakan ”Baik”. Hal tersebut diketahui dengan terpenuhinya keberhasilan dalam sebuah program pembelajaran day care terhadap perkembangan sosial anak kelompok B (usia 5-6 tahun) dimana anak dalam perkembangan sosialnya anak cepat dalam merespon pertemanan, dan mampu bersosialisasi dengan cepat, (3) Dampak postif pelaksanaan sistem day care di TPA Permata Ruby adalah program day care sangat membantu orang tua yang sibuk bekerja dan tidak sempat memberikan pengasuhan kepada anak. Anak mendapatkan tambahan pengetahuan serta pendidikan umum antisipasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan juga anak mampu dengan cepat berinteraksi. Adapun dampak lain adalah kepribadian, potensi dan bakat anak menjadi lebih baik. Sedangkan dampak negatif terhadap anak yaitu menyebabkan anak lelah, bosan, jenuh dan anak jarang/kurang bersosialisasi di lingkungan rumah karena anak mengikuti kegiatan seharian penuh disekolah.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86205-Jurusan Pendidikan Nonformal
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 06:57
Last Modified: 26 Oct 2021 06:57
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item