Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH UNTUK PERKUATAN TEBING BADAN JALAN SURADITA - KRANGGAN

SARI, FRICHA DESY CANDRA (2018) ANALISIS STABILITAS DINDING PENAHAN TANAH UNTUK PERKUATAN TEBING BADAN JALAN SURADITA - KRANGGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (Fulltext)
3336141318.rar
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Fenomena jalan amblas kini tengah menjadi sorotan salah satunya disebabkan dengan kelongsoran tanah yang pada umumnya terjadi akibat dari rendahnya kuat geser tanah pembentuk lereng, peningkatan beban tambahan dan muka air tanah. Kelongsoran pada tebing badan jalan Suradita disebabkan oleh aliran air yang mengakibatkan tanah dibawah jalan bergeser. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui cara penanggulangan kelongsoran lereng dengan menggunakan talud bronjong dengan pondasi bore pile dan turap beton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis stabilitas lereng menggunakan metode Fellenius dan metode Bishop yang akan dibandingkan dengan aplikasi Rocscience Slide untuk mencari nilai keamanan lereng. Perhitungan tekanan tanah lateral menggunakan teori Rankine dan Coulomb. Pada kestabilan talud bronjong dengan pondasi bore pile dicek terhadap momen guling, gaya geser dan daya dukungnya. Dilakukan desain turap beton pada lereng apabila talud bronjong tidak aman sehingga lereng menjadi aman. Desain turap ditentukan berdasarkan nilai Mmax yang terjadi pada turap beton kemudian disesuaikan dengan dimensi turap beton yang ada di pasaran dan dianalisis menggunakan aplikasi Plaxis untuk mencari nilai deformasi yang terjadi. Dari hasil analisa diperoleh nilai faktor keamanan lereng menggunakan perhitungan manual metode Fellenius, Bishop berturut-turut sebesar 1,325; 1,331 dan nilai faktor keamanan lereng dengan menggunakan aplikasi Rocscience Slide metode Fellenius, Bishop berturut-turut sebesar 1,244; 1,292. Analisa perhitungan manual stabilitas talud bronjong dengan pondasi bore pile didapat nilai faktor keamanan stabilitas guling, geser dan daya dukung teori Rankine berturut-turut sebesar 3,380; 1,026; 4,669 sedangkan dengan teori Coulomb berturut-turut sebesar 3,618; 1,128; 4,669. Pada perencanaan turap beton diperoleh panjang turap 14m dengan Mmax sebesar 13,51 ton m sehingga digunakan tipe beton 50 x 22 cm tipe E. Nilai deformasi yang dihasilkan menggunakan aplikasi Plaxis sebesar 43,88 mm.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMina, EndenUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Stabilitas Lereng, Talud Bronjong, Rocscience Slide, Turap Beton
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Jun 2024 10:46
Last Modified: 27 Jun 2024 10:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36909

Actions (login required)

View Item View Item