Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KAJIAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERINTIS PENYEBERANGAN PULAU TUNDA - KARANGANTU

FIRANTI, GUSFIKA (2018) KAJIAN KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN PERINTIS PENYEBERANGAN PULAU TUNDA - KARANGANTU. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 1_COVER-LAMPIRAN-GUSFIKA FIRANTI(3336140261).pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 2_ABSTRAK-GUSFIKA FIRANTI(3336140261).pdf

Download (264kB)

Abstract

Pulau Tunda merupakan salah satu pulau dari 17 pulau yang berada di Kabupaten Serang Provinsi Banten. Namun akses ke Pulau Tunda di Kecamatan Tirtayasa sejauh ini masih terkendala dengan permasalahan transportasi, transportasi menuju pulau tunda tersebut harus ditempuh dengan jalur laut, dengan kapal yang masih terbatas. Pulau Tunda merupakan salah satu daerah yang menjadi kegiatan sosial ekonomi, maka diperlukan transportasi perintis penyeberangan sebagai sarana untuk pengangkutan penumpang ataupun barang. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisi Kapal Perintis yang beroperasi, dan tingkat kepuasan pengguna jasa kapal perintis di daerah tersebut. Penelitian ini melakukan pengamatan saat berada diatas kapal. Untuk mengevaluasi kondisi kapal perintis saat ini, akan dibandingkan dengan Permenhub No. 39 tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Kapal Perintis. Penyebaran Kuisioner tentang Kondisi Pelayanan Kapal secara langsung, kepada pengguna jasa dengan metode ServQual (Service Quality) dan Metode S.W.O.T untuk mendapatkan beberapa strategi rekomendasi berfungsi untuk memperbaiki kinerja kapal perintis. Hasil Secara keseluruhan persepsi dan tingkat kepuasan Pengguna Jasa, terhadap Pelayanan Kapal Perintis masih butuh perbaikan. Hal ini dapat dilihat dengan nilai GAP yang masih minus. Hal ini menunjukan bahwa kriteria dalam dimensi Empathy perlu atau lebih diprioritaskan untuk dilakukan peningkatan, agar sesuai Standar Pelayanan Minimum No. 39 tahun 2015. Sedangkan, dari metode S.W.O.T didapat strategi dari SO1 kesigapan Petugas. WO1 Menambah jumlah ABK kapal, ST1 memberikan informasi kondisi alam dan WT1 melakuakn cek rutin kondisi kapal.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kapal Perintis, Kinerja Pelayanan, ServQual, S.W.O.T
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 15:58
Last Modified: 26 Jun 2024 15:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36877

Actions (login required)

View Item View Item