Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Analisis Pengaruh Perlintasan Kereta Api Tehadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Abdul Fatah Stasiun Tenjo Bogor)

Maehi, Abu Bakar (2018) Analisis Pengaruh Perlintasan Kereta Api Tehadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus Jalan Abdul Fatah Stasiun Tenjo Bogor). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
File 1 fakultas .pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2 .pdf

Download (291kB)

Abstract

Adanya perpotongan antara perlintasan kereta api sebidang dan jalan raya di Jalan Abdul Fatah Tenjo Bogor, mengakibatkan seringnya terjadi kemacetan. Kondisi ini diperparah dengan tingginya nilai hambatan samping yang terjadi. Faktor yang mempengaruhi tingginya nilai hambatan samping, yaitu angkutan umum berhenti dibahu jalan, lokasi stasiun yang berada di samping jalan utama, serta lokasi yang berada di sekitar pasar tradisonal. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh kinerja ruas jalan pada saat kondisi tidak adanya kereta api melintas dan saat kereta api melintas serta kinerja ruas jalan Abdul Fatah Tenjo Bogor untuk dua tahun mendatang. Variabel yang diteliti, diantaranya menganalisis nilai hambatan samping, kapasitas, derajat kejenuhan, waktu tundaan dan peluang antrean. Anaslisis ini dilakukan dengan mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Tingkat pelayanan menggunakan nilai Level Of Service (LOS) sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. KM 14 2006 dan untuk nilai derajat kejenuhan yang dizinkan < 0,80. Hasil analisis yang didapat untuk kinerja ruas jalan Abdul Fatah Tenjo Bogor untuk nilai kelas hambatan samping 314,5 atau termasuk kelas hambatan tinggi, nilai kecepatan arus bebas sebesar 37,11 km/jam, nilai kapasitas sebesar 1946.49 skr/jam, nilai derajat kejenuhan untuk kondisi tidak ada kereta api melintas dan saat kondisi kereta api melintas berturut–turut 1,23 dengan tingkat pelayanan F dan 0,77 atau tingkat pelayanan C, waktu tundaan sebesar 8,92 skr/dtk dan untuk peluang antrean berada di antara 47,88% dan 23,98%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorNovi, DwiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PKJI 2014, Kinerja Ruas Jalan, Derajat Kejenuhan, Perlintasan Kereta Api.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 15:41
Last Modified: 26 Jun 2024 15:41
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36862

Actions (login required)

View Item View Item