Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP LAYANAN ANGKUTAN ORANG BERBASIS ONLINE (Studi Kasus: Go-Ride di Kota Serang)

ANDINI, SAVIRA (2018) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA TERHADAP LAYANAN ANGKUTAN ORANG BERBASIS ONLINE (Studi Kasus: Go-Ride di Kota Serang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
tugas akhir Savira Andini 3336140239.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
JURNAL INA.pdf

Download (661kB)

Abstract

Layanan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek berbasis Online khususnya layanan transportasi Go-Ride adalah alat tranportasi darat yang saat ini banyak diminati oleh pengguna jasa transportasi di Kota Serang. Penelitian yang bertemakan kepuasan pengguna jasa terhadap angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengguna jasa serta tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap kinerja layanan transportasi Go-Ride di Kota Serang. Dalam hal kepuasan pengguna jasa, metode service quality diterapkan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna jasa. Metode ini menggunakan kuesioner yang digunakan sebagai alat untuk membantu dalam mengetahui kinerja dan apa yang menjadi harapan dari pelanggan.Mengambil jumlah responden sebanyak 125 orang, pelanggan dideskripsikan berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, maksud perjalanan, pendapatan rata – rata perbulan, alasan menggunakan GoRide dan frekuensi perjalanan dalam satu hari.Selanjutnya kualitas layanan diukur berdasarkan nilai kesenjanganantara kinerja dan harapan. Atribut pelayanan yang berjumlah 16 merupakan penjabaran dari lima dimensi kualitas jasa yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa apa yang diharapkan pengguna jasa belum terpenuhi. Hal ini dilihat dari hasil analisis tingkat kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan yang diperoleh adalah Tangibles -0,618, Reliability -0,550, Assurance -0,860,Responsivensess -0,752 dan Empathy -0,659. Nilai tingkat kepuasan pelanggan tersebut dikategorikan tidak puas, sehingga tingkat kualitas pada pelayanan transportasi Go-Ride di Kota Serang dianggap belum memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Akan tetapi, jika dilihat dari tingkat kepuasan pelanggan Go-Ride sudah merasa puas terutama pada beberapa variable tertentu seperti kesesuaian harga yang tercantum diaplikasi dengan harga yang dibayarkan, identitas perusahaan yang digunakan pengemudi dan sebagainya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawati, Dwi NoviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Transportasi Online, Gojek Indonesia, Kepuasan Pengguna.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:17
Last Modified: 26 Jun 2024 14:17
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36857

Actions (login required)

View Item View Item