Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN E-TOLL TERHADAP TINGKAT PELAYANAN GERBANG TOL MERAK

ROSITA, ITA (2018) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN E-TOLL TERHADAP TINGKAT PELAYANAN GERBANG TOL MERAK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
FILE 1 (COVER - LAMPIRAN).pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (Abstrak)
FILE 2 (ABSTRAK).pdf

Download (263kB)

Abstract

Gerbang tol Merak menjadi salah satu pemecah kemacetan lalu lintas, terutama di daerah Merak. Pada tol Merak ini tidak sepenuhnya terbebas dari hambatan atau kemacetan. Penyebab kemacetannya yaitu adanya arus kedatangan lebih besar dari arus keberangkatan, dikarenakan tingkat pelayanan pada gerbang tol yang rendah dan jumlah server yang kurang di pintu tol sehingga mengakibatkan terjadinya antrian pada pintu tol. Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat kedatangan, waku pelayanan dan mengetahui panjang antrian. Penelitian ini menggunakan metode disiplin antrian FIFO (first in first out), disiplin ini sangat sering digunakan dalam bidang transportasi dimana orang atau kendaraan yang pertama tiba pada suatu tempat pelayanan akan dilayani pertama. Penelitian ini menggunkan perbandingan perhitungan metode antrian FVFS (First Vacant First Service) dimana sistem antrin FVFS hanya terjadi satu antrian tunggal saja. Hasil penelitian ini yaitu tingkat kedatangan pada gardu masuk / entrance sebanyak 742 kendaraan/jam per gardu dengan waktu pelayanan 9 detik didapat panjang antrian 3,967 meter atau tidak lebih dari 1 kendaraan dan menghasilkan persamaan ρ < 1, maka Gerbang Tol Merak tidak mengalami antrian panjang dan masih memenuhi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 16/ PRT/ M/ 2014 tentang SPM Jalan Tol. Sedangkan tingkat kedatangan pada gardu keluar / exit sebanyak 803 kendaraan/jam per gardu dengan waktu pelayanan 10 detik didapat panjang antrian 67,455 meter atau 34 kendaraan dan menghasilkan persamaan ρ > 1, Maka Gerbang Tol Merak mengalami antrian panjang dan tidak memenuhi Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 16/ PRT/ M/ 2014 tentang SPM Jalan Tol.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorSetiawati, Dwi NoviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Gardu tol, panjang antrian, tingkat pelayanan.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:12
Last Modified: 26 Jun 2024 14:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36855

Actions (login required)

View Item View Item