Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KARAKTERISTIK DAN BIAYA KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS - JALAN RAYA PANDEGLANG - SERANG)

Rahmatulloh, Asep Rizki (2018) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN BIAYA KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI KASUS - JALAN RAYA PANDEGLANG - SERANG). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (Fulltext)
Asep Rizki R (3336131648).rar
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan indikator utama tingkat keselamatan jalan raya. Di Negara maju keselamatan jalan sangat diperhatikan untuk mengurangi jumlah kecelakaan dan jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Menurut data Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) tercatat bahwa 80 orang per-hari meninggal di jalan raya akibat kecelakaan lalu lintas pada tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik serta biaya kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Pandeglang-Serang (KM 01 – KM 07) dengan Menggunakan Metode The Gross Output (Human Capital) dan mengetahui daerah rawan kecelakaan menggunakan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dan Upper Control Limit (UCL). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat 1 segmen jalan pada Jalan Raya Pandeglang-Serang yang rawan kecelakaan yaitu Segmen 4, tepatnya pada Kelurahan Cadasari, Kecamatan Cadasari. Gambaran hasil karakteristik kecelakaan yang diperoleh dari data penelitian yaitu berdasarkan jenis kelamin adalah laki-laki sebanyak 132 orang (86%), berdasarkan usia adalah usia 20-29 tahun sebanyak 47 orang (29%), berdasarkan kepemilikan SIM adalah tidak mempunyai SIM sebanyak 72 orang (64%), berdasarkan waktu kejadian adalah malam hari 18.00-05.59 WIB sebanyak 36 kejadian (51%), berdasarkan profesi adalah wiraswasta sebanyak 101 orang (68%), berdasarkan tipe kecelakaan adalah tabrak depan sebanyak 25 kejadian (36%), berdasarkan faktor manusia adalah kurang konsentrasi 29 kejadian (40%), dan berdasarkan kendaraan adalah motor sebanyak 82 kejadian (73%). Untuk kerugian ekonomi menggunakan Metode The Gross Output (Human Capital) di jalan rawan kecelakaan adalah Segmen 4 dengan nilai kerugian sebesar Rp. 1,535,263,819.06.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AEK, Kota Pandeglang, The Gross Output (Human Capital), UCL
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
R Medicine > R Medicine (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:12
Last Modified: 26 Jun 2024 14:12
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36839

Actions (login required)

View Item View Item