Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EVALUASI KINERJA ANTRIAN PADA LOKET PENUMPANG PELABUHAN MERAK BANTEN

Saputri, Ari Eka (2018) EVALUASI KINERJA ANTRIAN PADA LOKET PENUMPANG PELABUHAN MERAK BANTEN. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
2. COVER - LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Pelabuhan penyeberangan merak yang terletak di provinsi banten adalah pelabuhan umum yang melayani penyeberangan antara ujung barat pulau jawa dengan ujung selatan pulau sumatera. Pelabuhan merak merupakan pelabuhan umum yang sangat vital menggerakkan roda ekonomi Indonesia. Loket pelabuhan merupakan fasilitas pelabuhan yang berfungsi melayani penumpang pembeli tiket untuk pelayaran, baik jarak dekat atau jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja pelayanan pada loket penumpang pelabuhan merak banten, mengetahui waktu pelayanan optimal loket penumpang pelabuhan merak banten dan memberikan rokemendasi apabila antrian penumpang pelabuhan merak banten sudah jenuh. Metode analisa antrian yang dipakai adalah teori antrian fifo. Disiplin antrian fifo sangat sering digunakan dalam bidang transportasi dimana orang dan/atau kendaraan yang pertama tiba pada suatu tempat pelayanaan akan dilayani pertama. Sebagai contoh disiplin fifo yaitu antrian kendaraan yang terbentuk di depan loket penumpang. Berdasarkan hasil penelitian dan indikator kinerja loket (ρ < 1) dapat diketahui bahwa kinerja loket penumpang tersebut sudah jenuh sebesar 2,48 pada waktu pelayanan loket eksisting 39,53 detik/penumpang maupun waktu pelayanan loket ideal 15,96 detik/penumpang. Maka waktu pelayanan loket eksisting 39,53 detik/penumpang total jumlah penumpang yang mengantri sebanyak 19 penumpang dengan lama waktu mengantri sebesar 303,89 detik. Untuk meningkatkan kinerja pelayanan, dilakukan alternatif penambahan loket penumpang sebanyak 1 buah loket dengan waktu pelayanan loket ideal 15,96 detik/penumpang dan nilai kinerja sebesar 0,8.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorBudi, HendrianUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Loket Penumpang, Kinerja, Waktu Pelayanan, FIFO
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:04
Last Modified: 26 Jun 2024 14:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36831

Actions (login required)

View Item View Item