Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

NALISIS KARAKTERISTIK DAN KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN ANGKUTAN PEMADU MODA

NABILA, DELAROSA (2018) NALISIS KARAKTERISTIK DAN KEPUASAN PENGGUNA JASA LAYANAN ANGKUTAN PEMADU MODA. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
File 1 (4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Bandara Internasional Soekarno Hatta merupakan bandara terbesar di Indonesia. Menurut data dari PT. Angkasa Pura II, setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah penumpang. Sepanjang tahun 2015 terdapat 54.291.366 penumpang dan pada tahun 2016 serta tahun 2017 terjadi peningkatan jumlah penumpang masing-masing 6% setiap tahunnya dengan total 63.015.630 penumpang. Seiring bertambahnya jumlah penumpang, maka terjadi pertambahan volume kendaraan yang dapat menimbulkan permasalahan, yaitu kemacetan di DKI Jakarta. Sehingga, diperlukan penambahan kendaraan sebagai sarana transportasi berupa angkutan pemadu moda sebagai solusi untuk mengurangi kemacetan. Pada penelitian ini, penulis memilih menggunakan bus Damri di Stasiun Gambir sebagai objek penelitian dikarenakan trayek tersebut merupakan trayek yang memiliki jumlah penumpang paling banyak untuk tujuan ke Bandara Internasional Soekarno Hatta dengan rata-rata 2.000 penumpang per hari berdasarkan data dari Perum Damri. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan 100 kuesioner berisi kinerja dan harapan para pengguna jasa bus Damri untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa bus Damri. Analisis tingkat kepuasan pengguna jasa bus Damri dilakukan dengan metode ServQual dengan 5 dimensi Service Quality yaitu tangible, reliability, assurance, responsiveness, dan empathy. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, diperoleh nilai pencapaian kepuasan setiap atribut yaitu, tangible sebesar 94,37%, reliability sebesar 96,75%, assurance sebesar 93,74%, responsiveness sebesar 91,26%, dan empathy sebesar 67,31%. Nilai kepuasan pengguna bus Damri sudah termasuk sangat baik dengan nilai rata-rata pencapaian kepuasan pengguna jasa sebesar 92,05%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorBaehaki, BaehakiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bus Pemadu Moda, Kinerja Pelayanan, Service Quality.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:03
Last Modified: 26 Jun 2024 14:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36827

Actions (login required)

View Item View Item