Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERENCANAAN PETAK TERSIER DAERAH IRIGASI CIUJUNG PAMARAYAN (Studi Kasus Petak Tersier Tersana 1 Kiri Kecamatan Kasemen Serang)

ISHAK, M YANUAR (2018) PERENCANAAN PETAK TERSIER DAERAH IRIGASI CIUJUNG PAMARAYAN (Studi Kasus Petak Tersier Tersana 1 Kiri Kecamatan Kasemen Serang). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (Fulltext)
M Yanuar Ishak T. Sipil (3336131417).rar
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

rigasi yang beroperasi di Provinsi Banten salah satunya adalah Irigasi Ciujung yang mempunyai luas 21.497 ha. Irigasi merupakan kegiatan menyediakan,mengatur dan membuang air irigasi yang bertujuan untuk menunjang pertanian dan menjadikan ketahanan pangan nasional. Pengaturan air irigasi yang adil dan merata sangat dibutuhkan maka dari itu perlu dilakukan perhitungan kebutuhan air irigasi. Berdasarkan hal tersebut maksud dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan air irigasi dengan tujuan mendapatkan prediksi satuan kebutuhan air irigasi dan mengetahui berapa dimensi saluran yang akan dibutuhkan nantinya pada Petak Tersier Tersana 1 Kiri ini berdasarkan metode Kriteria Perencanaan 01 (KP-01) Irigasi. Berdasarkan hasil analisis sesuai dengan pedoman KP-01 didapat bahwa NFR maksimal yang diperlukan pada Petak Tersier Tersana 1 ini adalah sebesar 1,30 lt/dt/ha yang terjadi pada bulan April II. Sedangkan untuk perencanaan dimensi saluran berpenampang trapesium dengan debit (Q) = 160,89 lt/dt yang paling besar terdapat pada saluran TS1Ki – T1 dengan luas areal (A) adalah 99,3 ha dan lebar dasar saluran (b) = 0,60 m, tinggi (h) =0,60 m, m = 1:1 dan tinggi jagaan (W) = 0,30 m.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWigati, RestuUNSPECIFIED
Thesis advisorNasrun, NasrunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kebutuhan Air Irigasi, NFR, KP-01, Daerah Irigasi Ciujung
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:02
Last Modified: 26 Jun 2024 14:02
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36821

Actions (login required)

View Item View Item