Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH AIR LAUT PASANG (ROB) TERHADAP KINERJA CAMPURAN ASPAL BETON ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE(AC-WC) DENGAN ASPAL MODIFIKASI POLIMER STARBIT E-55

WICAKSANA, KEVIN ANUGRAH (2018) ANALISIS PENGARUH AIR LAUT PASANG (ROB) TERHADAP KINERJA CAMPURAN ASPAL BETON ASPHALT CONCRETE WEARING COURSE(AC-WC) DENGAN ASPAL MODIFIKASI POLIMER STARBIT E-55. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (Fulltext)
Kevin Anugrah 3336142103.rar
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Perkerasan jalan di Indonesia umumnya mengalami kerusakan awal (kerusakan dini) antara lain diakibatkan pengaruh temperatur (cuaca), air dan konstruksi perkerasan yang kurang memenuhi persyaratan teknis. Pada musim hujan, banyak jalan di Indonesia terendam oleh air hujan maupun air laut yang diakibatkan oleh banjir rob bagi jalan yang letaknya di pesisir pantai dan tak jarang menimbulkan kerusakan pasca kejadian alam tersebut. Maka itu perlu dilakukan penelitian untuk melihat pengaruh yang terjadi akibat kejadian alam tersebut terhadap perkerasan jalan. Maksud dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang terjadi terhadap karakteristik aspal AC-WC melalui Marshall test yang di rendam oleh dua jenis zat cair yaitu air laut dan air tawar dengan menggunakan aspal modifikasi polimer starbit e-55 dengan waktu perendaman untuk masingmasing zat cair tersebut, air laut yaitu 1 x 24 jam dan 2 x 24 jam dan air tawar yaitu 1 x 24 jam. Hasil yang di dapatkan dari pengujian Marshall dapat disimpulkan bahwa air laut lebih merusak dibandingkan air tawar dengan perbandingan nilai stabilitas yang mencapai 6,1% untuk durasi 24 jam dan 26,68% untuk durasi 48 jam. Pada nilai kelelehan plastisnya terjadi penurunan dari 4,65 mm pada perendaman air tawar menjadi 3 mm pada perendaman air laut. Nilai Marshall Quotientnya mengalami penurunan 15,54 % untuk durasi 24 jam air laut dan 45,09% untuk durasi 48 jam air laut.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Air Laut, Aspal Polimer, Marshall
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:01
Last Modified: 26 Jun 2024 14:01
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36815

Actions (login required)

View Item View Item