Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS DAMPAK BEBAN OVERLOADING KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Tol Tangerang - Merak KM. 87 - 95, Cilegon)

VARIANTINO, ALBERT (2019) ANALISIS DAMPAK BEBAN OVERLOADING KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Tol Tangerang - Merak KM. 87 - 95, Cilegon). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
1. TUGAS AKHIR 3336131475.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (Abstrak)
2. ABSTRAK 3336131475.pdf

Download (438kB)

Abstract

Masalah overloading kendaraan sangat rentan terjadi di jalan tol Tangerang – Merak, disebabkan oleh kendaraan-kendaraan cenderung memilih menggunakan jalan tol Tangerang - Merak dalam mobilisasinya daripada jalan non tol, terutama kendaraan berat. Kendaraan berat seringkali mengalami masalah kelebihan beban. Selain itu pertumbuhan industri Kota Cilegon turut mendorong peningkatan jumlah kendaraan berat. Semakin bertambahnya jumlah kendaraan berat akan meningkatkan resiko terjadinya masalah overloading, yang akan berdampak kerusakan dini dan penurunan umur jalan. Oleh karena itu perlu diadakan analisis mengenai dampak dari beban overloading kendaraan di ruas jalan tol Tangerang - Merak ini. Lokasi penelitian ini berada di ruas jalan tol Tangerang - Merak KM. 87 - 95 jalur ke Jakarta. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui dampak beban berlebih (overloading) kendaraan terhadap umur rencana perkerasan jalan tol Tangerang - Merak KM. 87 - 95 dengan menggunakan metode analisis kumulatif ESAL dan Remaining Life. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa kelebihan beban sumbu yang terjadi di ruas jalan tol ini adalah 5,07 % terhadap MST 10 ton. Perkerasan direncanakan memiliki kekuatan mampu menerima beban lalu lintas 52742168,3 SAL. Namun jika dihitung dengan kondisi beban overloading, perkerasan telah menerima beban 36942562,36 SAL pada tahun 2017 (tahun survei). Bahkan pada tahun 2018 perkerasan akan menerima 51797713,57 SAL. Dapat dipastikan bahwa pada tahun berikutnya perkerasan telah menerima beban lalu lintas lebih dari kapasitasnya. Dari analisis kumulatif ESAL diketahui perkerasan hanya mampu menahan beban lalu lintas aktual selama 4 tahun saja dan mengalami penurunan umur 6 tahun. Jika dihitung dengan persamaan Remaining Life memiliki umur sisa aktual 29,96 % atau 1094 hari pada tahun 2017

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Overloading, Kumulatif ESAL, Persamaan Remaining Life, Penurunan Umur Rencana
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 26 Jun 2024 14:00
Last Modified: 26 Jun 2024 14:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36806

Actions (login required)

View Item View Item