Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PENGARUH PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Jombang Raya Stasiun Sudimara Tangerang Selatan)

ISLAM, JUNIOR JUSUP (2019) ANALISIS PENGARUH PERLINTASAN KERETA API TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (Studi Kasus : Jalan Jombang Raya Stasiun Sudimara Tangerang Selatan). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Other (Fulltext)
SKRIPSI (Junior Jusup Islam - 3336141273) Teknik Sipil 2014 UNTIRTA (Email).rar
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Perlintasan sebidang antara jalan raya dengan rel kereta api merupakan suatu hal yang harus diperhatikan dalam transportasi karena akan mempengaruhi kinerja ruas jalan tersebut. Perlintasan Kereta Api (KA) pada Jalan Jombang Raya merupakan jalan akses utama menuju Stasiun Sudimara. Permasalahan yang timbul pada perlintasan KA sebidang jalan ini diakibatkan oleh penutupan pintu perlintasan, sehingga menimbulkan tundaan dan antrean kendaraan terutama pada jam puncak arus lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerapatan lalu lintas pada saat kondisi tidak ada KA yang melintas (kondisi normal) dan kondisi tepat setelah KA melintasi perlintasan (kondisi tertunda). Serta mengetahui kinerja ruas jalan Jombang Raya yang berpotongan dengan perlintasan KA dari tingkat derajat kejenuhan, besarnya tundaan dan panjang antrean. Analisis pada penelitian ini mengacu pada Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014, sedangkan tundaan dan panjang antrean di analisis menggunakan metode Gelombang Kejut (Shockwave). Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai kerapatan tertinggi untuk kondisi normal 42,757 skr/km, sedangkan kondisi tertunda 212,757 skr/km. Derajat kejenuhan rata-rata 1,016, durasi tundaan tertinggi selama 205,92 detik dengan panjang antrean 463 meter. Nilai derajat kejenuhan pada ruas Jalan Jombang Raya telah melebihi ketentuan yang ditetapkan PKJI 2014 yaitu 0,85 sehingga direncanakan sistem jalan satu arah untuk memperbaiki kinerja ruas jalan tersebut. Dari hasil perhitungan kinerja ruas jalan untuk pemberlakuan sistem jalan satu arah pada Jalan Jombang Raya didapat nilai derajat kejenuhan sebesar 0,514 sehingga permasalahan kinerja ruas jalan tersebut dapat diatasi

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorBaehaki, BaehakiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: kerapatan, derajat kejenuhan, tundaan, antrean, gelombang kejut
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 25 Jun 2024 11:50
Last Modified: 25 Jun 2024 11:50
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36741

Actions (login required)

View Item View Item