Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISA PENERAPAN PENJADWALAN PROBABILISTIK PROYEK MENGGUNAKAN METODE PERT DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS PROYEK APARTEMEN X, CIPULIR)

JUNIOR, JIMBROWN (2018) ANALISA PENERAPAN PENJADWALAN PROBABILISTIK PROYEK MENGGUNAKAN METODE PERT DAN SIMULASI MONTE CARLO PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS PROYEK APARTEMEN X, CIPULIR). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
File 1 (11).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2 (12).pdf

Download (185kB)

Abstract

Penjadwalan proyek merupakan penjabaran perencanaan proyek menjadi urutan langkah-langkah pelaksanaan pekerjaan untuk mencapai sasaran dengan menentukan waktu yang dibutuhkan dan urutan kegiatan serta menentukan waktu proyek dapat diselesaikan guna membantu pelaksanaan evaluasi proyek. Pada penyusunan jadwal proyek umumnya menggunakan metode PERT (Program Evaluation and Review Technique) atau alternative lainnya yaitu dengan metode simulasi Monte Carlo. Kedua metode ini dapat memberi gambaran distribusi waktu penyelesaian proyek. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui waktu yang lebih realistis pada Proyek Konstruksi dari metode PERT dan simulasi Monte Carlo, mengetahui persentase probabilitas durasi dari seluruh aktivitas dalam proyek konstruksi berdasarkan tingkat keberhasilan dan mengetahui pekerjaan apa saja yang paling mempengaruhi penjadwalan proyek. Dalam penelitian ini dilakukan analisis pada durasi pekerjaan optimis, paling disukai dan pesimis hasil survey pada pihak kontraktor. Pada penelitian ini menggunkan software Microsoft Project dan Crystal Ball, sehingga didapatkan jadwal dan kurva S hasil simulasi yang selanjutnya akan dibandingkan dengan durasi rencana. Dari hasil perbandingan didapat perbedaan penjadwalan pada total durasi pekerjaan yakni durasi rencana selama 749 hari, durasi dengan menggunakan metode PERT selama 796 hari dan durasi menggunakan metode simulasi Monte Carlo selama 843 hari. Presentase probabilitas keberhasilan durasi rencana proyek selama 749 hari adalah 19,61% sedangkan presentase probabilitas keberhasilan pelaksanaan proyek dengan menggunakan metode PERT dari durasi 796 hari adalah 30,20%, dan persentase probabilitas keberhasilan pelaksanaan proyek dengan menggunkanan metode Monte Carlo dari durasi 843 hari adalah 55,19%. Adapun item pekerjaan yang memiliki tingkat sensitivitas paling tinggi adalah pekerjaan persiapan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMaddeppungeng, AndiUNSPECIFIED
Thesis advisorUjianto, RifkyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, PERT, Monte Carlo
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 15:40
Last Modified: 24 Jun 2024 15:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36686

Actions (login required)

View Item View Item