Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN LAPIS PERMUKAAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

MAULANA, AGUNG (2019) ANALISIS TINGKAT KERUSAKAN LAPIS PERMUKAAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
File 1 Cover-Lampiran (Analisis Tingkat Kerusakan Lapis Permukaan Jalan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (Abstrak)
File 2 Abstract.pdf

Download (11kB)

Abstract

Jalan Raya Bojonegara – Pulo Ampel merupakan salah satu jalan Nasional yang menghubungkan antara Kota Cilegon dan Pelabuhan Merak dimana jalan ini dilalui oleh berbagai macam kendaraan terutama kendaraan berat sebab pada sepanjang jalan ini terdapat banyak pabrik dan pertambangan yang membutuhkan kendaraan bermuatan besar dalam mendistribusikan barang. Meningkatnya volume lalu lintas dan beban kendaraan berlebihan yang melintas menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan dengan ditandai dengan adanya kerusakan pada lapis perkerasan jalan. Kerusakan jalan yang terjadi merupakan permasalah yang sangat kompleks dan apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan dapat memperburuk kondisi lapisan perkerasan sehingga mempengaruhi keamanan, kenyamanan, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi perkerasan jalan menurut jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi pada Jalan Raya Bojonegara – Pulo Ampel sepanjang 10 kilometer dengan menggunakan metode Pavement Condition Index dan untuk menentukan cara perbaikan atau penanganan kerusakan jalan yang sesuai dengan jenis dan tingkat kerusakan jalan. Hasil analisis pada penelitian ini didapatkan kondisi perkersan jalan dengan nilai indeks rata – rata sebesar 76,155 % yang termasuk dalam kategori memuaskan dengan jenis kerusakan antara lain plat terbagi, keausan agregat,kerusakan penutup sambungan, remuk, retak memanjang, retak melintang, retak sudut, gompal sudut,gompal pada sambungan, dan tambalan besar. Berdasarkan kerusakan yang terjadi ditentukan cara perbaikan jalan yang sesuai yaitu dilakukan penambalan dengan aspal, pengisian celah dengan mortar, rekonstruksi parsial, dan penggantian pelat beton.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Jalan, Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 14:43
Last Modified: 24 Jun 2024 14:43
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36677

Actions (login required)

View Item View Item