Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH ABU CANGKANG SAWIT TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS AUS (AC-WC) MENGGUNAKAN ASPAL MODIFIKASI POLIMER

ANDIKA, SOLEHAN (2019) ANALISIS PEMANFAATAN LIMBAH ABU CANGKANG SAWIT TERHADAP KARAKTERISTIK CAMPURAN ASPAL BETON LAPIS AUS (AC-WC) MENGGUNAKAN ASPAL MODIFIKASI POLIMER. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI(Cover-Lampiran)-Solehan Andika (3336150080)-compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (Abstrak)
3. ABSTRAK.pdf

Download (185kB)

Abstract

Mobilitas penduduk Indonesia terus meningkat. Diperlukan peningkatan kualitas maupun kuantitas perkerasan jalan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Limbah abu sawit menjadi limbah potensial di beberapa daerah dan salah satunya adalah Provinsi Banten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan limbah abu sawit terhadap karakteristik aspal beton lapis aus (AC-WC) dalam pengujian Marshall dengan kadar aspal 5%, 5,5%, 6%, 6,5% dan 7% menggunakan aspal polimer starbit e-55. Variasi kadar filler abu sawit yang digunakan yaitu 3%, 4%, 5% dan 6%. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan bahwa penambahan limbah abu sawit sebagai filler dapat meningkatkan stabilitas hanya pada kadar filler 3%. Namun stabilitas terus mengalami penurunan pada kadar filler 4%, 5%, dan 6%. Pada benda uji tanpa penambahan filler abu sawit didapat stabilitas tertinggi yaitu 2358,4 kg pada kadar aspal 6,5%. Sedangkan benda uji dengan penambahan filler abu sawit 3% memiliki stabilitas sebesar 2503,03 kg pada kadar aspal 6,5%. Untuk nilai Flow pada benda uji terus mengalami penurunan seiring dengan meningkatnya penambahan filler abu sawit. Nilai flow terendah sebesar 2,1 pada penambahan filler abu sawit sebesar 6% dengan kadar aspal 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIntari, Dwi EstiUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AC-WC, Aspal Polimer, Abu Sawit, Karakteristik Marshall
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 14:22
Last Modified: 24 Jun 2024 14:22
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36647

Actions (login required)

View Item View Item