Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS DAN DESAIN DINDING SHEETPILE BAJA SEBAGAI PENGGANTI SHEETPILE BETON DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS 2D (Studi kasus : proyek pembangunan sushi masa tower Tangerang Banten)

TANTOWI, RENARDO (2019) ANALISIS DAN DESAIN DINDING SHEETPILE BAJA SEBAGAI PENGGANTI SHEETPILE BETON DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE PLAXIS 2D (Studi kasus : proyek pembangunan sushi masa tower Tangerang Banten). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
LAPORAN SKRIPSI RENARDO TANTOWI_3336150002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (50).pdf

Download (185kB)

Abstract

inding turap beton amblas yang disebabkan oleh kelongsoran tanah merupakan permasalahan besar pada proyek sushi masa tower. Adapun pada area keruntuhan tersebut turap beton diganti dengan turap baja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain turap baja yang aman sebagai pengganti turap beton yang runtuh. Penelitian ini menggunakan metode Rankine untuk menghitung tekanan lateral aktif dan pasif. Analisa dilakukan dengan menggunakan dua tipe turap dan penelitian juga membandingkan hasil perhitungan manual turap baja dengan hasil analisa menggunakan aplikasi Plaxis 2D. Berdasarkan hasil analisa diperoleh nilai momen maksimum sebesar 17,64 ton m. Nilai faktor keamanan turap beton menggunakan perhitungan manual metode Rankine sebesar 1,04 tidak memenuhi syarat faktor keamanan > 1,5. Pada perencanaan turap baja diperoleh panjang turap 14,75m dengan momen maksimum sebesar 43,884 ton m sehingga digunakan turap baja 400 x 100 mm tipe II. Nilai deformasi yang dihasilkan menggunakan aplikasi Plaxis 2D sebesar 7,82 mm. Nilai faktor keamanan turap baja menggunakan perhitungan manual metode Rankine sebesar 4,182 dan nilai faktor keamanan turap baja menggunakan aplikasi Plaxis 2D diperoleh sebesar 3,454. Berdasarkan analisis besar faktor keamanan bahwa desain turap baja memenuhi syarat faktor keamanan > 1,5 dan disarankan untuk digunakan sebagai penggati turap beton.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMina, EndenUNSPECIFIED
Thesis advisorFathonah, WoelandariUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Turap, Plaxis, Baja, Beton
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jun 2024 10:03
Last Modified: 24 Jun 2024 10:03
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36621

Actions (login required)

View Item View Item