Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

REPRESENTASI PERNIKAHAN DAN KEKUASAAN POLITIK PADA ANIMASI SERIES(Analisis Semiotika Rolland Bartes Pada Serial One Piece Arc Whole Cake Island)

Dylan, Muhammad (2024) REPRESENTASI PERNIKAHAN DAN KEKUASAAN POLITIK PADA ANIMASI SERIES(Analisis Semiotika Rolland Bartes Pada Serial One Piece Arc Whole Cake Island). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
MUHAMMAD DYLAN IBADILLAH ARRASYIDI_6662200185_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD DYLAN IBADILLAH ARRASYIDI_6662200185_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
MUHAMMAD DYLAN IBADILLAH ARRASYIDI_6662200185_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
MUHAMMAD DYLAN IBADILLAH ARRASYIDI_6662200185_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
MUHAMMAD DYLAN IBADILLAH ARRASYIDI_6662200185_REF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text
MUHAMMAD DYLAN IBADILLAH ARRASYIDI_6662200185_LAMP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
Draft Skripsi - Muhammad Dylan Ibadillah Arrasyidi_6662200185_ Ilmu Komunikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
Draft Skripsi - Muhammad Dylan Ibadillah Arrasyidi_6662200185_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)

Abstract

One Piece, serial manga Jepang populer karya Eiichiro Oda, merupakan anime populer yang berkisah tentang kehidupan Sanji dan petualangannya dalam film tersebut. Serial ini dimulai dari sebuah buku komik dan kemudian menjadi serial anime yang diproduksi oleh Toei Animation pada tahun 1999. Episode Whole Cake Island merupakan arc dimana Luffy dan beberapa karakter lain dari tim "4 Kaisar Penguasa Laut" (Big Mom) bertarung melawan pemerintah. Ceritanya berkisar pada Sanji dan Pudding, keduanya merupakan tokoh politik. Sanji yang diperankan oleh Vinsmoke Judge percaya bahwa pemerintah bisa menggunakan kekuatan Big Mom untuk mengalahkannya. Kelompok Vinsmoke harus menjalin koneksi dengan kelompok Charlotte jika ingin menguasai Big Mom. Judge memperingatkan Big Mom untuk tidak memberikan kekuatannya saat dia menyampaikan kabar buruk. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan metodologi penelitian kualitatif, menganalisis elemen teks, simbol, dan permainan serta detail fenomena. Analisis semiotika Roland Barthes digunakan untuk menafsirkan makna, pengetahuan, dan mitologi dalam film One Piece Arc Whole Cake Island yang menggambarkan dinamika politik dan kekuasaan. Dalam film, dialog dapat disikapi dengan menggunakan bahasa analogis atau satir. Humor digunakan untuk menyampaikan kritik atau tantangan terhadap sistem politik yang dianggap tidak adil. Penonton digunakan untuk menyikapi kritik yang hadir di dunia visual melalui cerita-cerita di anime. Film anime sebagai ulasan terhadap realitas politik tidak hanya sekedar ekspresi artistik tetapi juga sebagai sarana berdiskusi dan memahami situasi politik di dunia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorYusanto, Yoki197905032006041016
Thesis advisorNurjuman, Husnan197808252010121003
Additional Information: One Piece, serial manga Jepang populer karya Eiichiro Oda, merupakan anime populer yang berkisah tentang kehidupan Sanji dan petualangannya dalam film tersebut. Serial ini dimulai dari sebuah buku komik dan kemudian menjadi serial anime yang diproduksi oleh Toei Animation pada tahun 1999. Episode Whole Cake Island merupakan arc dimana Luffy dan beberapa karakter lain dari tim "4 Kaisar Penguasa Laut" (Big Mom) bertarung melawan pemerintah. Ceritanya berkisar pada Sanji dan Pudding, keduanya merupakan tokoh politik. Sanji yang diperankan oleh Vinsmoke Judge percaya bahwa pemerintah bisa menggunakan kekuatan Big Mom untuk mengalahkannya. Kelompok Vinsmoke harus menjalin koneksi dengan kelompok Charlotte jika ingin menguasai Big Mom. Judge memperingatkan Big Mom untuk tidak memberikan kekuatannya saat dia menyampaikan kabar buruk. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dan metodologi penelitian kualitatif, menganalisis elemen teks, simbol, dan permainan serta detail fenomena. Analisis semiotika Roland Barthes digunakan untuk menafsirkan makna, pengetahuan, dan mitologi dalam film One Piece Arc Whole Cake Island yang menggambarkan dinamika politik dan kekuasaan. Dalam film, dialog dapat disikapi dengan menggunakan bahasa analogis atau satir. Humor digunakan untuk menyampaikan kritik atau tantangan terhadap sistem politik yang dianggap tidak adil. Penonton digunakan untuk menyikapi kritik yang hadir di dunia visual melalui cerita-cerita di anime. Film anime sebagai ulasan terhadap realitas politik tidak hanya sekedar ekspresi artistik tetapi juga sebagai sarana berdiskusi dan memahami situasi politik di dunia.
Uncontrolled Keywords: Representation, Film, One piece, Semiotics rolland barthes, Marriage, Power, Animation Representasi, Film, One piece, Semiotika rolland barthes, Pernikahan, Kekuasaan, Animasi
Subjects: Communication > Public Relations Science
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Dylan Ibadillah arrasyidi
Date Deposited: 04 Jul 2024 14:20
Last Modified: 04 Jul 2024 14:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36482

Actions (login required)

View Item View Item