Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

RANCANG BANGUN TONGKAT PEMANDU UNTUK NAVIGASI PENYANDANG TUNANETRA DENGAN MENGGUNAKAN KOMPAS DIGITAL DAN GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM)

NUR RAHMAN NOVIANTO, MUHAMMAD (2018) RANCANG BANGUN TONGKAT PEMANDU UNTUK NAVIGASI PENYANDANG TUNANETRA DENGAN MENGGUNAKAN KOMPAS DIGITAL DAN GPS (GLOBAL POSITIONING SYSTEM). S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Full_Muhammad Nur Rahman Novianto (3332141285) Teknik Elektro Fakultas Teknik UNTIRTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak_Muhammad Nur Rahman Novianto (3332141285).pdf

Download (594kB)

Abstract

erbatasnya penggunaan teknologi navigasi dapat menyebabkan tunanetra tersesat ketika berada di tempat asing. Hal ini yang menyebabkan penyandang tunanetra jarang bepergian. Penelitian ini merancang tongkat pemandu bagi penyandang tunanetra dengan melakukan pelacakan (tracking) dan runtut balik (homing). Data posisi koordinat dan arah mata angin diolah menjadi informasi berupa isyarat suara dan getaran. Sistem navigasi tongkat pemandu menggunakan metode GPS bearing dan inverse angle. Sensor yang digunakan adalah kompas dan ultrasonik, dengan keluaran sistem berupa suara penunjuk arah dan informasi halangan yang berada di depan penyandang tunanetra. Dari hasil pengujian membuktikan bahwa Metode GPS bearing dapat menghasilkan arah yang lebih stabil. Tetapi, akurasi GPS dapat menurun saat terhalang pohon dan gedung. Sedangkan Metode inverse angle, data GPS disimpan pada datalogger yang tidak memerlukan akurasi GPS saat menentukan arah. Sudut dari arah tujuan semakin akurat jika rata-rata sudut ketika pelacakan tidak terlalu besar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorWiryadinata, RomiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem navigasi, penyandang tunanetra, GPS, kompas digital, datalogger
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jun 2024 15:40
Last Modified: 20 Jun 2024 15:40
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36481

Actions (login required)

View Item View Item