Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KECEPATAN KENDARAAN MENGGUNAKAN SENSOR HB100 FREKUENSI 10 GHz BERBASIS SHIFT DOPPLER EFFECT

RIYANDIKA, RIZKY (2018) RANCANG BANGUN ALAT PENDETEKSI KECEPATAN KENDARAAN MENGGUNAKAN SENSOR HB100 FREKUENSI 10 GHz BERBASIS SHIFT DOPPLER EFFECT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Laporan Skripsi Rizky Riyandika (3332120218).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
Abstrak Rizky Riyandika (333210218).pdf

Download (65kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menjadi hal yang menakutkan bagi para pengguna jalan. Faktor manusia merupakan faktor yang paling dominan dalam sebuah peristiwa kecelakaan lalu lintas. Sebagian besar kecelakaan disebabkan karena ulah pengemudi yang tidak mentaati peraturan misalnya pengemudi yang memacu kendaraanya diatas kecepatan rata-rata atau melebihi batas normal di jalan tol maupun di jalan umum. Salah satu kendala pihak kepolisian lalu lintas dalam proses penegakan hukum pelanggaran batas kecepatan kendaraan adalah sedikitnya ketersediaan alat pengukur. Oleh karena itu, dibuat alat pendeteksi kecepatan kendaraan, yang merupakan implementasi dari Sensor HB100 Microwave Doppler Radar. Selain itu perangkat memiliki harga yang cukup murah. Keluaran sinyal pada sensor HB100 adalah ± 120 mV sehingga membutuhkan suatu rangkaian amplifier sebelum diproses pada Arduino. Arduino akan mengukur pergeseran Doppler dan membaca kecepatan kendaraan. Hasil pembacaan pergeseran Doppler dan kecepatan akan ditampilan pada panel LCD lalu buzzer akan aktif apabila kendaraan melebihi batas kecepatan. Sebelum regresi, pengujian validasi alat pendeteksi ini memiliki nilai rata-rata kesalahan sebesar 5,41 %. Setelah dilakukan regresi orde I dan orde III mengalami penurunan sebesar 4,45 % dan 4,57 %. Sedangkan untuk regresi orde II justru membuat nilai rata-rata persentase kesalahan naik sebesar 6,62 %. Jarak ideal pengukuran yaitu pada sudut 15 dengan jarak 5 m yang memiliki nilai rata-rata kesalahan sebesar 2,22 % dengan kecepatan pembacaan antara 20 km/h sampai 60 km/h.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaraswati, IrmaUNSPECIFIED
Thesis advisorFirmansyah, TeguhUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pendeteksi Kecepatan, Sensor HB100, Efek Doppler, Arduino, o Amplifier
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 20 Jun 2024 10:20
Last Modified: 20 Jun 2024 10:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36439

Actions (login required)

View Item View Item