Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBAIKAN KUALITAS DAYA DENGAN MENGGUNAKAN DYNAMIC VOLTAGE RESTORER (DVR) DI SISTEM DISTRIBUSI PT. DIAN SWASTATIKA SENTOSA SERANG POWER PLANT

Yudho Prakoso, Untung (2018) PERBAIKAN KUALITAS DAYA DENGAN MENGGUNAKAN DYNAMIC VOLTAGE RESTORER (DVR) DI SISTEM DISTRIBUSI PT. DIAN SWASTATIKA SENTOSA SERANG POWER PLANT. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Full Skripsi Untung Yudho Prakoso.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (19).pdf

Download (14kB)

Abstract

rmasalahan kualitas daya listrik adalah permasalah yang sangat penting yang dihadapi oleh pengguna maupun penyedia tenaga listrik. Jatuh tegangan atau voltage sag pada saluran distribusi tenaga umumnya diakibatkan oleh gangguan hubung singkat pada saluran tenaga listrik yang dapat menurunkan kualitas daya. Konsumen industri maupun komersil menginginkan kualitas daya yang diterimanya berada pada tingkat yang baik yang tentunya untuk menghindari kerugian yang ditimbulkannya. Kualitas daya listrik dikatakan baik jika memenuhi persyaratan yang diantaranya adalah daya yang memiliki tegangan dengan nilai mendekati 1 pu, faktor daya yang mendekati 1, dan dengan toleransi frekuensi tidak lebih dari 0,6 Hz. Dynamic Voltage Restorer (DVR) adalah solusi yang fleksibel, efisien, dan cepat untuk mengatasi masalah jatuh tegangan atau voltage sag. DVR adalah perangkat daya berbasis elektronik yang terhubung seri pada saluran tenaga. Pada penelitian ini akan disimulasikan pemulihan jatuh tegangan yang terjadi akibat gangguan hubung singkat satu fasa ke tanah pada saluran distribusi tiga fasa dengan menggunakan pemodelan Dynamic Voltage Restorer yang telah dibuat. Simulasi dilakukan pada beban aktif 250 KW dan reaktif 40KVAR di mils unit 6 sistem distribusi PT. Dian Swastatika Sentosa Serang Power Plant dengan gangguan hubung singkat. Hasil simulasi menunjukkan DVR dapat mengembalikan jatuh tegangan ke 1 pu dengan waktu pemulihan 0,25 ms.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMartiningsih, WahyuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kualitas Daya, Jatuh Tegangan, Dynamic Voltage Restorer, Simulink
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jun 2024 15:44
Last Modified: 19 Jun 2024 15:44
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36417

Actions (login required)

View Item View Item