Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

SISTEM EKSITASI STEAM TURBINE GENERATOR (STG) PT.KRAKATAU DAYA LISTRIK MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION

Iskandar, Dasep (2018) SISTEM EKSITASI STEAM TURBINE GENERATOR (STG) PT.KRAKATAU DAYA LISTRIK MENGGUNAKAN JARINGAN SYARAF TIRUAN BACKPROPAGATION. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI DASEP ISKANDAR 3332130795.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK (17).pdf

Download (193kB)

Abstract

Sistem Eksitasi merupakan bagian vital pada proses pembangkitan listrik di generator, fungsi dari sistem eksitasi pada generator adalah untuk mengendalikan output dari generator agar tetap stabil pada beban sistem yang berubah-ubah. Sistem kendali eksitasi generator sinkron adalah salah satu langkah untuk meningkatkan stabilitas sistem tenaga dan untuk menjamin kualitas tenaga listrik yang dihasilkan jaringan. Pada penelitian ini digunakan salah satu implementasi teknologi artificial intelligence, yaitu JST (Jaringan Syaraf Tiruan) yang didesain sebagai pengendali sistem eksitasi generator. Jaringan dirancang menggunakan algoritma pembelajaran backpropagation dan algoritma pelatihan Lavenberg-Marquardt dengan arsitektur jaringan feedforward multilayer. Hasil dari pengujian dan pelatihan yang disimulasikan menggunakan aplikasi matlab diperoleh dengan presentasi keberhasilan sistem sebesar 96,387%.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorOtong, MuhamadUNSPECIFIED
Thesis advisorSupriyanto, SupriyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sistem Eksitasi, JST, Lavenberg-Marquardt, Backpropagation
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 19 Jun 2024 14:58
Last Modified: 19 Jun 2024 14:58
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36407

Actions (login required)

View Item View Item