Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIVITAS PELAYANAN GARDU TOL PT. JASA MARGA (persero) .tbk Cabang Jakarta – Tangerang (Untuk Kendaraan Golongan I)

Delki, Mohammad (2017) EFEKTIVITAS PELAYANAN GARDU TOL PT. JASA MARGA (persero) .tbk Cabang Jakarta – Tangerang (Untuk Kendaraan Golongan I). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (Skripsi)
EFEKTIVITAS PELAYANAN GARDU TOL PT. JASA MARGA (PERSERO) .TBK CABANG JAKARTA – TANGERANG (UNTUK .PDF
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Mohammad Delki. 6661130177. Effectiveness of Toll Road Services, PT. Jasa Marga (Persero) tbk. Branch Jakarta – Tangerang (for group 1 Vehicles). State Administration Science Program. Faculty of Social Science and Political Science. University of Sultan Ageng Tirtayasa. Supervisor I Ayuning Budiati, MPPM. Supervisor II Dr. Ipah Ema Jumiati, M.Si. his study is based on the problems that occurred in PT. Jasa Marga (Persero) branch of Jakarta - Tangerang. There is a reduction of return and the exchange of e-toll cards by the toll collection officer during the transaction at the cash relay station. Jakarta - Tangerang toll road is a toll road managed by SOEs. This study aims to determine the effectiveness level of toll service PT. Jasa Marga Branch Jakarta - Tangerang. The method used is descriptive with quantitative approach. Theory used Effectiveness by Sondang P. Siagian (1996) and Service Concept by Gasper (2000), with 7 indicators namely; Time, accuracy of service, completeness, accuracy, ease of service, style of service, and personal service. With a sample of 100 respondents with Incidental sampling technique. Data collection techniques using questionnaires. Then tested using hypothesis test that shows 0.61 which means the level of effectiveness of toll service PT. Jasa Marga (Persero) Jakarta - Tangerang branch of 61% of the calculation t-count is smaller than t-table then Ho accepted. The conclusion is the level of effectiveness of toll gate services PT. Jasa Marga (Persero) tbk. Jakarta-Tangerang Branch of 61%, classified as less effective. Suggestion from this research that is improvement of supervision, implementation of sanction aims to give deterrent effect for violators. Keywords: Effectiveness, Service, Toll Road

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorBudiati, AyuningUNSPECIFIED
Thesis advisorEma Jumiati, IpahUNSPECIFIED
Additional Information: Mohammad Delki. 6661130177. Efektivitas Pelayanan Gardu Tol PT. Jasa Marga (Persero)tbk. Cabang Jakarta – Tangerang (Untuk Kendaraan Golongan 1). Program Studi Ilmu Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dosen Pembimbing I Dr. Ayuning Budiati, MPPM. Dosen Pembimbing II Dr. Ipah Ema Jumiati, M.Si. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di PT. Jasa Marga (persero) cabang Jakarta - Tangerang. Adanya tindakan pengurangan kembalian dan adanya penukaran kartu e-toll oleh petugas pengumpul tol saat transaksi di gardu tunai. Ruas tol Jakarta – Tangerang merupakan jalan tol yang dikelola BUMN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas pelayanan gardu tol PT. Jasa Marga Cabang Jakarta – Tangerang. Metode yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teori yang digunakan Efektifitas menurut Sondang P. Siagian (1996) dan Konsep Pelayanan menurut Gasper (2000), dengan 7 indikator yaitu; waktu, akurasi pelayanan, kelengkapan, kecermatan, kemudahan mendapatkan pelayanan, gaya pemberi pelayanan, dan pelayanan pribadi. Dengan sampel 100 responden dengan teknik sampling Insidental. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kemudian diuji menggunakan uji hipotesis yang menunjukan 0,61 yang artinya tingkat efektifitas pelayanan gardu tol PT. Jasa Marga (persero) cabang Jakarta – Tangerang sebesar 61% dari hasil perhitungan t-hitung lebih kecil dari t-tabel maka Ho diterima. Kesimpulannya adalah tingkat efektifitas pelayanan gerbang tol PT. Jasa Marga (persero) tbk. Cabang Jakarta-Tangerang sebesar 61%, diklasifikasikan kurang efektif. Saran dari penelitian ini yaitu ditingkatkannya pengawasan, penerapan sanksi bertujuan memberikan efek jera bagi pelanggar. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan, Gardu Tol
Subjects: H Social Sciences > Public Administration
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:28
Last Modified: 26 Oct 2021 03:28
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3632

Actions (login required)

View Item View Item