Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU PENGGORENGAN TERHADAP KADAR AIR KERIPIK BUAH SALAK PADA MESIN VACUUM FRYING

DARMAWAN, DANY (2019) PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU PENGGORENGAN TERHADAP KADAR AIR KERIPIK BUAH SALAK PADA MESIN VACUUM FRYING. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
Dany Darmawan_PENGARUH TEMPERATUR DAN WAKTU PENGGORENGAN TERHADAP KADAR AIR KERIPIK BUAH SALAK PADA MESIN VACUUM FRYING_Teknik Mesin_3331122302.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (Abstrak)
5. ABSTRAK_id_eng.pdf

Download (187kB)

Abstract

Mesin penggoreng hampa (Vacuum Frying) adalah mesin produksi untuk menggoreng berbagai macam buah dan sayuran dengan cara penggorengan hampa. Prinsip kerja vacuum frying adalah menghisap kadar air dalam buah atau sayuran dengan kecepatan tinggi agar pori-pori daging buah tidak cepat menutup, sehingga kadar air dalam buah dapat diserap dengan sempurna. Pengujian ini menggunakan mesin vacuum frying sebagai metode alternatif untuk mengetahui kadar air dalam keripik buah salak dan warna keripik buah salak. Fokus pada pengaruh temperatur penggorengan 60 C, 80 o o C, 70 o o C serta waktu 2, 4, 6, 8 dan 10 menit dengan tekanan vakum tetap 0,012 MPa. Perbandingannya dengan kondisi atmosfer berdasarkan konsep thermal-driven. Parameter yang dianalisa ialah kadar air dalam keripik salak. Hasil penelitian menujukan bahwa temperatur dan waktu pada penggorengan keripik buah salak berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air yang tersisa dalam keripik buah salak. Hasil penggorengan terbaik yaitu pada temperatur 70 C dan 90 o C dan waktu penggorengan 8 menit dengan nilai moisture loss 84,018 %. Hal ini menunjukkan bahwa penggorengan vakum adalah metode yang menjanjikan untuk menghasilkan keripik buah salak dengan kadar air yang rendah namun tidak merusak rasa, tekstur dan warna.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSetiawan, IpickUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDWahyudi, HadiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: vacuum frying, keripik salak, temperatur penggorengan dan waktu penggorengan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2024 16:39
Last Modified: 13 Jun 2024 16:39
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36276

Actions (login required)

View Item View Item