Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENGARUH WAKTU PELAPISAN TERHADAP KETAHANAN KOROSI DAN KEKERASAN BAJA KARBON RENDAH HASIL PELAPISAN NiCo/Cr DENGAN GABUNGAN TEKNIK ELEKTROPLATING DAN PACK-CEMENTATION

DINATA, RIANZA (2020) PENGARUH WAKTU PELAPISAN TERHADAP KETAHANAN KOROSI DAN KEKERASAN BAJA KARBON RENDAH HASIL PELAPISAN NiCo/Cr DENGAN GABUNGAN TEKNIK ELEKTROPLATING DAN PACK-CEMENTATION. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fullttext)
Rianza Dinata (3331141131).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (272kB)

Abstract

Penggunaan material baja dewasa ini sangat pesat, umumnya digunakan untuk mengatasi alat-alat permesinan. Peningkatan sifat-sifat fisis baja dapat dilakukan salah satunya dengan pelapisan menggunakan metode electroplating. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh waktu pelapisan proses pelapisan terhadap kekerasan dan laju korosi lapisan serta ketebalan lapisan nikel cobalt chromium pada baja karbon rendah ST – 41. Dengan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran serta informasi pengaruh waktu pelapisan terhadap kekerasan dan laju korosi lapisan nikel cobalt pada baja karbon rendah. Dalam penelitian ini baja karbon rendah ST – 41 yang dilapisi dengan logam pelapis nikel cobalt chromium dengan menggunakan metode electroplating dengan variasi waktu pelapisan sebesar 20, 40 dan 60 menit. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kekerasan dan ketebalan lapisan baja karbon rendah setelah dilapisi NiCoCr pada penggunaan lama waktu pelapisan 20, 40, 60 menit pada tegangan 20 volt mengalami peningkatan pada setiap lama waktu pelapisan pengujian. Sedangkan untuk laju korosi mengalami penurunan pada setiap lama waktu pelapisan pengujian. Hasil uji juga menunjukan bahwa semakin lama waktu pelapisan yang digunakan maka ketebalan lapisan dan kekerasan yang di dapatkan akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaefuloh, ImanUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRochmat, AgusUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ctroplating , waktu pelapisan, kuat arus, kekerasan, ketebalan serta laju korosi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2024 15:27
Last Modified: 13 Jun 2024 15:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36265

Actions (login required)

View Item View Item