Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Pengaruh Kecepatan Arus Air Terhadap Kecepatan Putaran Motor dan Tegangan Pada ROV (Remotely Operated Vehicle) menggunakan Logika Fuzzy.

ICKSAN, REZA NUR (2020) Pengaruh Kecepatan Arus Air Terhadap Kecepatan Putaran Motor dan Tegangan Pada ROV (Remotely Operated Vehicle) menggunakan Logika Fuzzy. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fullstext)
Pengaruh Kecepatan Arus Air Terhadap Kecepatan Putaran Motor dan Tegangan Pada ROV (Remotely Operated Vehicle) menggunaka~2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini berkembang dengan pesat. Pemanfaatan robot dalam eksplorasi saat ini sangat dibutuhkan apalagi di Indonesia yang merupakan negara maritim yang sebagian wilayahnya merupakan lautan. ROV (Remoted Operated Vehicle) adalah robot bawah air yang dikendalikan oleh operator dalam pengoperasiannya, dan didukung oleh perangkat kendali (remote kontrol) dalam pengoperasiannya. Fuzzy logic atau logika fuzzy merupakan salah satu metode Artificial Intelegance (AI). Fuzzy logic umumnya diterapkan pada masalah - masalah yang mengandung unsur ketidakpastian (uncertainty), ketidaktepatan (imprecise), noisy, dan sebagainya. Pada penerapan logika fuzzy, metode sugeno sebagai metode yang digunakan pada logika fuzzy. Penelitian ini akan implementasi logika fuzzy dalam (ROV) Remotely Operated Vehicle saat menghadapi kecepatan arus air laut dalam menentukan kecepatan putaran motor yang digunakan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan logika fuzzy mampu mengenali pengaruh kecepatan arus air terhadap kecepatan putaran dan tegangan dengan mengimplementasi logika fuzzy dalam (ROV) Remotely Operated Vehicle saat menghadapi kecepatan arus air laut dalam menentukan kecepatan putaran motor yang digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSatria, DhimasUNSPECIFIED
Thesis advisorListijorini, ErnyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Arus Air, Fuzzylogic, Kecepatan Putaran, Maltab, ROV (Remoted Operated Vehicle
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2024 10:24
Last Modified: 13 Jun 2024 10:24
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36213

Actions (login required)

View Item View Item