Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE(QOS) LAYANAN 4G OPERATOR SELULER DI WILAYAH CILEGON

Nuharani, Hafidhah (2019) ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE(QOS) LAYANAN 4G OPERATOR SELULER DI WILAYAH CILEGON. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
ANALISIS PERBANDINGAN QUALITY OF SERVICE(QOS) LAYANAN 4G OPERATOR SELULER DI WILAYAH CILEGON.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Cilegon merupakan kota yang disebut juga sebagai kota industry, sehingga diperlukannya kualitas internet terutama layanan 4G yang baaik. Quality Of Service (QOS) adalah pengukuran tentang kualitas dari jaringan internet yang memiliki parameter yaitu bandwidth, packet loss, thoughput, delay dan jitter. Penelitian dilakukan terhadap lima operator yaitu XL, Simpati, Im3, Tri dan Smartfren. Pengujian dilakukan di lima lokasi titik berbeda dan tiga waktu yang berbeda menggunakan software wireshark dan axcence nettools. Hasil pengujian yang dilakukan didapatkan nilai QOS tertinggi adalah operator XL yang memiliki nilai delay 143,83 ms, jitter 31,68 ms, Throughput 279537,2 Bps, packet loss 0,061% dan nilai bandwidth 40.343.381 Bps. Sedangkan nilai QOS terendah ditempati oleh operator Tri dengan nilai delay 177,05 ms, jitter 90,91 ms, throughput 95774,38 Bps, packet loss 8,075% dengan nilai bandwidth 38.916.195 Bps. Kata Kunci: Layanan 4G, QOS, 5 Operator, Software Wireshark, software Axcence NetTools

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHerudin, HerudinUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 26 Oct 2021 03:20
Last Modified: 26 Oct 2021 03:20
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item View Item