Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STUDI KASUS PENGARUH TEMPERATUR UDARA LUAR (AMBIENT) TERHADAP KINERJA SISTEM PENDINGIN (RADIATOR) TURBIN GAS DI PLTGU XYZ

AL FAIZ, MUHAMMAD ILHAM (2020) STUDI KASUS PENGARUH TEMPERATUR UDARA LUAR (AMBIENT) TERHADAP KINERJA SISTEM PENDINGIN (RADIATOR) TURBIN GAS DI PLTGU XYZ. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK BAHASA INGGRIS DAN BAHASA INDONESIA.pdf

Download (292kB)

Abstract

Alat penukar kalor adalah komponen penting dalam industri pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU), Salah satu contoh pada PLTGU XYZ terdapat sistem pendingin turbin gas yaitu radiator turbin gas. Radiator turbin gas berfungsi untuk mendinginkan air pendingin yang disirkulasikan kebeberapa komponen – komponen pendinginan turbin gas dengan menggunakan udara lingkungan sebagai media pendinginannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui bagaimana pengaruh temperatur lingkungan terhadap kinerja radiator turbin gas, kemudian membandingkan data yang diperoleh pada saat penelitian dengan data pada tahun 2017. Metode penelitian yang dilakukan yaitu dengan cara pengambilan data langsung dilapangan. Pengambilan data dilakukan selama 3 x 24 jam pada tahun 2017 dan pada saat penelitan, dengan interval pengambilan data setiap 2-3 jam setiap harinya. Hasil perhitungan dan analisa menunjukan bahwa semakin tinggi temperatur lingkungan, maka semakin tinggi nilai efektivitas yang dihasilkan. Pada Tahun 2017 didapatkan nilai efektivitas rata - rata tertinggi pada temperatur 35 ˚C sebesar 71.274 %, sementara pada saat penelitian didapatkan nilai efektivitas rata – rata tertinggi sebesar 58.859 %. Dari hasil analisa tersebut dapat disimpulkan bahwasannya nilai efektivitas rata - rata radiator turbin gas mengalami penurunan sebesar 12.415 % dari tahun 2017 sampai dengan tahun 2019.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorCaturwati, Ni KetutUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDYusuf, YusvardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: heat exchanger, radiator turbin gas, efektivitas
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 13 Jun 2024 10:23
Last Modified: 13 Jun 2024 10:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36209

Actions (login required)

View Item View Item