Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KARAKTERISTIK SIFAT MEKANIK HASIL PENGELASAN GESEK ALUMINIUM DENGAN TEMBAGA MENGGUNAKAN VARIASI KECEPATAN PUTAR DAN KEKASARAN PERMUKAAN KONTAK

AL KHAIRI, AHMAD RAMADHAN ZAID (2019) KARAKTERISTIK SIFAT MEKANIK HASIL PENGELASAN GESEK ALUMINIUM DENGAN TEMBAGA MENGGUNAKAN VARIASI KECEPATAN PUTAR DAN KEKASARAN PERMUKAAN KONTAK. S1 thesis, Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)
[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (33kB)

Abstract

engelasan yang digunakan untuk material yang berbeda salah satunya adalah dengan menggunakan Friction Welding. Friction Welding adalah metode pengelasan dengan cara menggesekkan kedua material hingga mencapai sebagian titik lebur material yang akan disambung lalu diberikan tekanan secara konstan. Pada penelitian ini, material yang disambung adalah aluminium dan tembaga. Dengan menggunakan variasi kecepatan putar dan kekasaran permukaan kontak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifat mekanis dari hasil pengelasan gesek antara aluminium dan tembaga. Untuk variasi kecepatan yang digunakan adalah 1230, 1500, dan 2500 rpm. Untuk variasi kekasaran permukaan yang digunakan adalah dengan menggunakan amplas grade #100, #800, dan #1500. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa kecepatan putar yang paling tinggi mendapatkan nilai kekuatan tarik dan kekerasan adalah pada kecepatan 1230 rpm yaitu 59,6 Mpa dan 54,6 HVN (Al), 112,1 HVN (Cu). Dan untuk variasi kekasaran permukaan, nilai yang paling tinggi adalah pada kekasaran permukaan yang menggunakan amplas grade #1500 yaitu 54,18 HVN (Al), 112,1 HVN (Cu). Dan amplas grade #100 dengan nilai 52,48 Mpa. Hasil uji struktur mikro pada daerah sambungan las dengan perbesaran 1000x menunjukkan bahwa pengelasan aluminium dan tembaga dengan menggunakan metode friction welding berhasil dilakukan, dibuktikan dengan terdifusinya aluminium dan tembaga pada daerah ini.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaefuloh, ImanUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSuryana, SuryanaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: elding, friction welding, aluminium, tembaga, mechanical properties.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 21201-Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 12 Jun 2024 15:00
Last Modified: 12 Jun 2024 15:00
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36201

Actions (login required)

View Item View Item