Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KANDUNGAN MIKROPLASTIK PADA IKAN KONSUMSI DI PASAR KRANGGOT KOTA CILEGON BANTEN

CAHYA PRATAMA, RIFKI (2024) ANALISIS KANDUNGAN MIKROPLASTIK PADA IKAN KONSUMSI DI PASAR KRANGGOT KOTA CILEGON BANTEN. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text (SKRIPSI)
Rifki Cahya Pratama_4443180013_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_CP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_Ref.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_Lamp.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)
[img] Text
Rifki Cahya Pratama_4443180013_01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)

Abstract

Microplastics are plastic particles that are less than 5 mm. Its very small size can allow these particles to be ingested by aquatic organisms intentionally or unintentionally because it resembles a type of food or because the prey has been contaminated by microplastic particles. This study aims to analyze the type, color, abundance of microplastics, and the type of plastic polymer contained in consumed fish in Kranggot Market, Cilegon City, Banten. This research used purposive sampling method with stages carried out were sampling, morphometric measurements, fish dissection, sample extraction, particle filtration, visual identification using a microscope, and FTIR test. The results showed that there were microplastics in all types of fish studied. The highest abundance of microplastics was found in mackerel with 202 particles/individual, while the lowest abundance of microplastics was found in pomfret with 146.7 particles/individual. The types of microplastics found were fiber 42%, film 31%, and fragments 27%. The color characteristics of microplastics found were in various colors, namely blue, red, yellow, green, black, white, transparent, and purple. The results of FTIR testing on 6 species of consumed fish found polymers of Polyethylene (PE), Polypropylene (PP), Ethylene Vinyl Acetate (EVA), and Nylon. Polyethylene (PE) was found in tilapia, milkfish, and swallowfish. Polypropylene (PP) are found in pomfret, tilapia, tuna, and mackerel. Nylon and Ethylene Vinyl Acetate (EVA) were found in all fish species in this study

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHARYATI, SAKINAH197507122008122001
Thesis advisorARYANI, DESY198912292019032012
Additional Information: Mikroplastik merupakan partikel plastik yang diameternya berukuran kurang dari 5 mm. Partikel mikroplastik yang menumpuk di wilayah perairan dapat menyebabkan terganggunya rantai makanan. Ukurannya yang sangat kecil dapat memungkinkan partikel ini tertelan oleh organisme perairan secara sengaja maupun tidak sengaja karena bentuknya yang menyerupai jenis makanan atau karena mangsanya yang telah terkontaminasi oleh partikel mikroplastik. Mikroplastik yang masuk ke tubuh organisme dapat menyebabkan gangguan sistem fungsi organ seperti kerusakan organ internal dan penyumbatan saluran pencernaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis jenis, warna, kelimpahan mikroplastik, dan jenis polimer plastik yang terkandung dalam ikan konsumsi yang ada di Pasar Kranggot Kota Cilegon Banten. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 sampai dengan Februari 2023. Metode penelitian yang digunakan yaitu purposive sampling dengan melakukan survei untuk mengetahui jumlah pedagang ikan yang ada di Pasar Kranggot Cilegon, jenis ikan yang dijual dan sumber ikan tersebut didapatkan. Tahapan penelitian yang dilakukan meliputi pengambilan sampel, pengukuran morfometrik, pembedahan ikan, dan ekstraksi sampel yang dilakukan di Laboratorium Budidaya Perikanan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, kemudian identifikasi visual menggunakan mikroskop strereo yang dilakukan di Laboratorium Ilmu Dasar dan Perlindungan Tanaman, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, serta uji lanjut menggunakan alat Spektoskopi FT-IR untuk mengetahui jenis polimer plastik yang terkandung dalam sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat mikroplastik pada semua jenis ikan yang diamati. Kelimpahan mikroplastik terbanyak terdapat pada ikan kembung dengan nilai 202 partikel/individu, sedangkan kelimpahan mikroplastik terendah terdapat pada ikan bawal dengan nilai 146,7 partikel/individu. Jenis mikroplastik yang ditemukan yaitu fiber 42%, film 31%, dan fragmen 27%. Karakteristik warna mikroplastik yang ditemukan warna yang beragam, yaitu biru, merah, kuning, hijau, hitam, putih, transparan, dan ungu. Hasil pengujian FTIR pada 6 spesies ikan konsumsi di Pasar Kranggot Cilegon ditemukan polimer berjenis Polyerhylene (PE), Polypropylene (PP), Ethylene Vinyl Acetate (EVA), dan Nylon. Polimer Polyerhylene (PE) ditemukan pada ikan mujair, ikan bandeng, dan ikan layang. Polimer Polypropylene (PP) ditemukan pada ikan bawal, ikan mujair, ikan tongkol, dan ikan kembung. Polimer Nylon dan Ethylene Vinyl Acetate (EVA) ditemukan pada semua jenis ikan dalam penelitian ini.
Uncontrolled Keywords: Consumed fish, FT-IR, microplastic. FT-IR, ikan konsumsi, mikroplastik
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54244-Program Studi Ilmu Perikanan
Depositing User: Rifki Cahya Pratama
Date Deposited: 11 Jun 2024 14:45
Last Modified: 11 Jun 2024 14:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/36052

Actions (login required)

View Item View Item