Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA TERHADAP CERITA RAKYAT BANTEN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP

Riezky Novtriansyah, Muhamad (2013) KAJIAN ANTROPOLOGI SASTRA TERHADAP CERITA RAKYAT BANTEN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMP. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
Kajian Antropologi sastra terhadap cerita rakyat banten dan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMP.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (34MB)

Abstract

ABSTRAK Kajian Antropologi Sastra terhadap Cerita Rakyat Banten dan Rencana Pembelajarannya di SMA Oleh Muhamad Riezky Novtriansyah 2222092051 Cerita rakyat mampu menampilkan gambaran kehidupan masa lalu yang dapat menunjukan gambaran kebudayaan di dalam cerita rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk menelusuri dan mengetahui (1) Unsur kebudayaan di dalam Cerita Rakyat Banten yang berupa sistem-sistem perilaku, (2) pemanfaatan unsur-unsur kebudayaan terhadap penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data di dilakukan dengan cara studi dokumentasi, yaitu cara pengumpulan data dengan menggunakan teks Cerita Rakyat Banten yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten pada tahun 2003. Teknik analisis data menggunakan metode hermeneutik yang dapat diartikan menafsirkan. Analisis data dilakukan berdasarkan teori dan ground theory yang dipakai dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini memanfaatkan teks Cerita Rakyat Banten yang berjumlah enam cerita rakyat, yaitu cerita rakyat “Masjid Sumpah Terate Udik”, “Legenda Gunung Pinang”, “Asal Muasal Batu Kuwung”, “Legenda Prasasti Munjul”, “Hikayat Tanjung Lesung” dan “Pangeran Pande Gelang dan Putri Cadasari”. Sumber data yang digunakan oleh penulis adalah buku Cerita Rakyat Banten yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Banten. Kajian antropologi sastra terhadap Cerita Rakyat Banten dilakukan dalam rangka menelusuri unsur-unsur kebudayaan yang berupa sistem-sistem perilaku dalam setiap cerita rakyat. Hasil penelitian ini berkesimpulan bahwa setiap cerita rakyat di dalam Cerita Rakyat Banten mengandung unsur kebudayaan yang berupa sistem-sistem perilaku manusia. Hasil penelitian ini dapat menjadi rencana pelaksanaan pembelajaran cerita rakyat di sekolah. Kata Kunci: Antropologi Sastra, Cerita Rakyat Banten, hermeneutik dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSenjaya, Arip197902012005011003
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Uncontrolled Keywords: Antropologi Sastra, Cerita Rakyat Banten, hermeneutik dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:45
Last Modified: 20 Apr 2022 14:33
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item View Item