SARI, KARTIKA (2024) PERAN UKURAN PERUSAHAAN DALAM MEMODERASI HUBUNGAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman di Bursa Efek Indonesia). Master thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_01.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_02.pdf Restricted to Registered users only Download (427kB) |
|
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_03.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
|
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_04.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_05.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
|
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_Ref.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
Text (TESIS)
Kartika Sari_7776210015_Lamp.pdf Restricted to Registered users only Download (508kB) |
Abstract
This study aims to examine the effect of financial performance on firm value and how size plays a role in moderating the relationship between financial performance and firm value. The samples used in this study were food and beverage sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period 2016-2022, totaling 16 companies using a purposive sampling technique. The data used is secondary data obtained from financial reports and annual reports published on the official website of the Indonesia Stock Exchange (www.idx.co.id) and the official website of each company. The data analysis technique used is Moderated Regression Analysis (MRA) and data processing is carried out with the STATA version 17 statistical application. The results showed that the leverage ratio has a negative effect on firm value, profitability ratio, liquidity ratio, activity ratio, and company size partially have a positive effect on firm value. Company size acts as a Quasi moderator because it is not only significant when interacting with profitability and activity ratios but also significant when it becomes an independent variable, it also acts as a moderator Predictor because it is only significant when it becomes an independent variable and is not significant when interacting with leverage ratios and liquidity ratios. The implication of this research is that food and beverage companies need to pay attention and maintain financial performance not only from one ratio because each ratio has different characteristics and impacts in affecting firm value.
Item Type: | Thesis (Master) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dan bagaimana peran ukuran di dalam memoderasi hubungan kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2022 sebanyak 16 perusahaan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan yang dipublikasikan di situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan situs resmi masing-masing perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA) dan pengolahan data dilakukan dengan aplikasi statistik STATA versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio leverage dan rasio aktivitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan, rasio profitabilitas, rasio likuiditas, dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan berperan sebagai Quasi moderator karena tidak hanya signifikan saat berinteraksi dengan rasio profitabilitas dan aktivitas tetapi juga signifikan saat menjadi variabel independen, juga berperan sebagai Predictor moderator karena hanya signifikan saat menjadi variabel independen dan tidak signifikan ketika berinteraksi dengan rasio leverage dan rasio likuiditas. Implikasi dari penelitian ini yaitu perusahaan makanan dan minuman perlu memperhatikan dan menjaga kinerja keuangan bukan hanya dari satu rasio saja karena masing-masing rasio memiliki karakteristik dan pengaruh yang berbeda terhadap nilai perusahaan. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Financial Performance, Firm Value, Firm Size, Financial Ratios, Share Price Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Rasio Keuangan, Harga Saham | |||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance | |||||||||
Divisions: | 08-Pascasarjana > 61101-Magister Manajemen 05-Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
|||||||||
Depositing User: | Mrs Kartika Sari | |||||||||
Date Deposited: | 06 Jun 2024 11:39 | |||||||||
Last Modified: | 06 Jun 2024 11:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/35831 |
Actions (login required)
View Item |