Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) DENGAN PEMBERIAN TES DI SETIAP AKHIR JAM PERTEMUAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di kelas VII SMPN 1 Kramatwatu Tahun Ajaran 2013/2014)

Mutiara Rahayu, Dian (2013) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, SATISFACTION) DENGAN PEMBERIAN TES DI SETIAP AKHIR JAM PERTEMUAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di kelas VII SMPN 1 Kramatwatu Tahun Ajaran 2013/2014). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARA ARIAS .......pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK DIAN MUTIARA RAHAYU (2225090986), Efektifitas Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Dengan Pemberian Tes di Setiap Akhir Jam Pertemuan terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang. 2013. Latar belakang dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa yang belum optimal. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut maka diterapkan model pembelajaran ARIAS dengan pemberian tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar matematika, mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika, mengetahui sikap siswa terhadap model ARIAS dengan pemberian tes serta mengetahui efektifitas dari model ARIAS dengan pemberian tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-D sampai VII-I SMP Negeri 1 Kramatwatu, semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 dan sampelnya adalah siswa kelas VII-E dan VII-F SMP Negeri 1 Kramatwatu, semester ganjil tahun ajaran 2013/2014 yang dipilih secara acak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata prestasi belajar matematika kelas eksperimen sebesar 31,71 dan kelas pembanding sebesar 30,08. Data yang didapat dari hasil penelitian dengan menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan z hitung = -0,19 < z = 1,96 menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika antara siswa yang mendapatkan perlakuan model ARIAS dengan pemberian tes tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang mendapat perlakuan model ARIAS. Dan berdasarkan hasil penelitian, rata-rata peningkatan prestasi belajar matematika kelas eksperimen sebesar 0,199 dan kelas kontrol sebesar 0,142. Data yang didapat dari hasil penelitian dengan menggunakan uji Mann-Whitney didapatkan z tabel i hitung = -1,92 < z = 1,96 menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar matematika antara siswa yang mendapatkan perlakuan model ARIAS dengan pemberian tes tidak lebih baik atau sama dengan siswa yang mendapat perlakuan model ARIAS. Kata Kunci : Model ARIAS, Prestasi Belajar Matematika

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorMarethi, Indiana197903312005012001
Thesis advisorIskandar, Khairida197512062005012001
Uncontrolled Keywords: Model ARIAS, Prestasi Belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:26
Last Modified: 25 Oct 2021 04:26
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item